Pendidikan

SMA Al Izzah Batu Gandeng PPB UIN Maliki Malang Adakan Tes TOEFL

Rabu, 14 September 2022 - 23:14 | 23.93k
Siswa SMA Al Izzah Putri saat sedang mengerjakan tes TOEFL. (FOTO: Dok. Pusat Bahasa UIN Maliki Malang)
Siswa SMA Al Izzah Putri saat sedang mengerjakan tes TOEFL. (FOTO: Dok. Pusat Bahasa UIN Maliki Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – 202 Murid kelas 12 SMA Al Izzah International Islamic Boarding School mengikuti tes Bahasa Inggris sebagai Bahasa asing, Selasa (13/09/2022). Agenda ini menggandeng Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Maliki Malang.

Kerja sama yang sudah berlangsung selama tiga tahun ini bertujuan untuk membekali lulusan-lulusan SMA Al Izzah dengan kemampuan Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan adanya sertifikat TOEFL.

Advertisement

Asis Wahyudi, M.Pd., penanggung jawab language testing di PPB UIN Malang mengatakan, di era global saat ini, memiliki kemampuan bahasa asing merupakan hal yang penting. Hal ini dibuktikan dengan sertifikat yang menjadi bentuk pengakuan dari kemampuan berbahasa asing tersebut.

“Hasil tes TOEFL ini bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan mengenai kemampuan Bahasa Inggris dari murid-murid SMA Al Izzah yang ingin melanjutkan studi ke kampus-kampus bergengsi baik di dalam maupun luar negeri,” ujar dosen Bahasa Inggris yang sudah mengurus tes Bahasa Inggris di UIN Maliki Malang sejak tahun 2010 ini.

Sukron Ma’mun, S.S., guru pengajar Bahasa Inggris di SMA Al Izzah juga mengatakan bahwa tujuan diadakannya tes TOEFL ini karena beberapa universitas yang dituju untuk studi oleh murid-murid Al Izzah acapkali meminta sertifikat TOEFL, sebagai pendamping ijazah.

“Murid-murid kami yang memutuskan untuk kuliah di luar negeri seperti Malaysia, Singapore, dan New Zealand, biasanya memerlukan sertifikat TOEFL sebagai syarat apply, begitupun yang ingin kuliah di dalam negeri. Karena itu kami bekerja sama dengan PPB UIN Malang untuk mengadakan tes TOEFL ini,” tambah guru UIN Malang ini.

Lebih lanjut, tes yang menguji kemampuan listening, reading, grammar, dan written expression ini dilakukan dalam dua sesi, pagi dan siang. Sesi pagi diikuti oleh murid-murid putri SMA Al Izzah, sedangkan sesi siang diikuti oleh murid-murid putra. Tes juga diawasi dengan ketat oleh enam pengawas dari PPB UIN Maliki Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES