Pendidikan

Vina Muliana Berikan Tips Bikin CV Lulusan SMA IPA

Sabtu, 17 September 2022 - 22:34 | 166.15k
Konten kreator Vina Muliana. (FOTO: instagram Vina Muliana) Foto B dan C: Konten tips CV lulusan SMA IPA. (FOTO: reels instagram Vina Muliana)
Konten kreator Vina Muliana. (FOTO: instagram Vina Muliana) Foto B dan C: Konten tips CV lulusan SMA IPA. (FOTO: reels instagram Vina Muliana)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Salah satu dokumen yang diperlukan saat melamar pekerjaan adalah Curriculum Vitae (CV atau riwayat hidup). Konten Kreator Vina Muliana membagikan tipsnya dalam membuat CV untuk lulusan SMA IPA.

Dilansir dari reels instagram Vina Muliana, bagi lulusan SMA IPA yang mau cepat dapat kerja bisa memulai membaca lowongan kerja yang mau dilamar.

Advertisement

"Ini cara gampangnya bikin CV nya buat kamu jurusan IPA. Highlight persyaratan yang dibutuhkan, dari sini kita bisa lihat kalau pengalaman ngerjain tugas di mata pelajaran (jurusan IPA) ini bisa cukup relevan," ucap Vina Muliana dikutip dari reelsnya pada Sabtu (17/9/2022).

vina-b.jpg

Vina Muliana menjelaskan, jika sudah ada yang kata kunci yang relevan, pelamar bisa langsung membuat CV melalui Microsoft Word dan memilih template CV yang sudah tersedia di Microsoft Word.

"Isi nama kamu dan data diri. Kemudian kata kunci yang tadi (di lowongan kerja) dimasukkan ke deskripsi diri," jelasnya wanita yang pernah menjadi None Jakarta tahun 2014 lalu.

Kata kunci dalam lowongan kerja yang dimaksud adalah seperti kata-kata: Senang Melayani Pelanggan, Bertanggung Jawab, Komunikatif dan Percaya Diri.

Vina Muliana mencontohkan, dari kata-kata kunci tersebut bisa dibuat menjadi satu kalimat yang mendeskripsikan diri pelamar yang sesuai dengan kata kunci dalam lowongan yang ingin dilamarnya.

Setelah memasukan deskripsi diri, lanjut Vina Muliana, pelamar bisa mulai memasukkan data-data lainnya seperti pengalaman organisasi dari yang paling baru dan dijelaskan pakai Bullet Point.

"Kalau gak aktif apa-apa bisa dimasukin sama pengalaman ngerjain tugas sekolah, terus jabarin hard skill yang kamu punya (Bahasa Inggris, Email Administration, Google Office Suite dan Bahasa Inggris)," lanjut Vina.

Vina Muliana menerangkan, setelah dimasukkan data tersebut, pelamar dapat memasukkan latar belakang pendidikan mulai dari yang paling terbaru dan ditutup dengan hobi pelamar.

Konten yang diunggah oleh wanita lulusan Universitas Padjadjaran ini mendapatkan puluhan ribu likes dan ratusan komentar dari pengikutnya di jagat media sosial instagram.

Pemilik nama asli Vina Andhani Muliana ini rajin memberikan tips melamar kerja dan seputar dunia pekerjaan sejak beberapa tahun lalu melalui akun tiktok miliknya dan disebarkan kembali ke akun media sosial instagram.

vina-c.jpg

Vina Muliana yang memiliki 4.8 juta lebih pengikut di tiktok ini ternyata pernah masuk FORBES 30 under 30 class of 2022 bersama Lyodra Ginting, Putri Tanjung, Jonatan Christie, dan Maliekah Harjani.

Tidak hanya itu, Vina Muliana yang juga bekerja di Kementerian BUMN ini juga mendapatkan penghargaan dari media sosial tiktok sebagai Best of Learning and Education di TikTok Awards Indonesia tahun 2022.

Perempuan yang menyelesaikan S2 Marketing Communication, di London School of Public Relations (LSPR) telah memposting puluhan konten di tiktoknya dan dibagikan juga ke instagramnya mendapatkan ratusan ribu hingga jutaan like dari pengikutnya.

Tidak jarang pengikut dari wanita yang menjadi juri Abang None Jakarta Selatan tahun 2022 ini selalu menantikan dan meminta tips seputar pekerjaan melalui kolom komentar.

Dengan #tipskerjavina di setiap postingannya tentang tips seputar pekerjaan, kini akun tiktok dan instagram milik Vina Muliana sudah terverifikasi oleh tiktok dan instagram. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES