Pendidikan

PKKMB, Ratusan Mahasiswa Baru STKIP PGRI Pacitan Digembleng Empat Hari

Senin, 19 September 2022 - 17:29 | 24.74k
Penyematan tanda peserta PKKMB kepada perwakilan Camaba oleh Ketua STKIP PGRI Pacitan De. Mukodi. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Penyematan tanda peserta PKKMB kepada perwakilan Camaba oleh Ketua STKIP PGRI Pacitan De. Mukodi. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Sebanyak 460 calon mahasiswa baru STKIP PGRI Pacitan, Jawa Timur mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Gelanggang Olah Raga (GOR Pacitan). Sejak dibuka pada hari ini, Senin (19/9/2022) mereka akan digembleng selama empat hari ke depan hingga Kamis (22/9/2022). 

Ketua Panitia PKKMB STKIP PGRI Pacitan Mulyadi mengatakan, kegiatan ini juga diikuti oleh mahasiswa yang belum lulus PKKMB pada tahun 2021 lalu sejumlah 7 orang dan dibagi menjadi 18 kelompok. Sistem pemberian materinya menggunakan luring dan daring. 

Advertisement

"Sejatinya PKKMB ini untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa baru STKIP PGRI Pacitan supaya mengenali kehidupan kampus yang berbeda dengan bangku SMA. Selama empat hari kedepan, kalian juga akan dikenalkan dunia akademik. Adapun ciri-cirinya yakni berpikir kritis analitis dan ilmiah," katanya saat memberikan sambutan. 

STKIP-PGRI-Pacitan-2.jpgPemukulan gong tanda PKKMB dimulai. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

Mulyadi menambahkan, calon mahasiswa baru STKIP PGRI Pacitan akan digembleng bagaimana cara berdinamika selama perkuliahan nanti. Dari situ akan tumbuh persaingan yang kompetitif. Sehingga pada finishnya, para lulusan kampus pendidik ini bisa lebih berkualitas. 

"Agar menjadi lulusan yang unggul, makanya selama beberapa hari kedepan kalian akan digembleng bagaimana berdinamika saat kuliah. Ikuti semua aturan yang ada, semoga dalam PKKMB STKIP PGRI Pacitan ini lulus 100 persen," ujarnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua STKIP PGRI Pacitan, Dr. Mukodi mendukung penuh kegiatan PKKMB tersebut. Menurut dia, momentum tersebut merupakan awal pelayanan pihak kampus kepada mahasiswa baru. Besar harapan kedepan, falsafah pendidikan ala Ki Hajar Dewantara mampu melahirkan penerus bangsa yang cemerlang. 

"Selamat datang di Kampus Pendidik, Kampus Humanis Religius, Peduli Lingkungan dan Kampus Pembina Pramuka. Kami berkomitmen memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh mahasiswa. Semoga anda sekalian merasa nyaman dan bahagia," tuturnya. 

Lebih lanjut, Mukodi memaparkan, dalam PKKMB tersebut para pemateri profesional akan menyajikan wawasan seputar kampus, seperti sistem pendidikan tinggi di Indonesia atau MBKM, pengenalan Ormawa dan Kegiatan Kemahasiswaan, Pembinaan Kesadaran Bela Negara, Wawasan Kebangsaan dan masih banyak lagi. 

STKIP-PGRI-Pacitan-3.jpg467 Camaba STKIP PGRI Pacitan antusias mengikuti PKKMB di Gor Pacitan. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

Selain itu, Mukodi menyebutkan, jika siswa lulusan SMA saat ini hanya 31,19 persen dari angka partisipasi kasar (APK) mahasiswa secara nasional pada tahun 2021 lalu. 

"Point terpenting yang harus dipahami, anda di sini sebagai mahasiswa, bukan siswa lagi. Status mahasiswa sangat prestisius dan membanggakan. Oleh karena itu, jangan lantas sombong atau bangga diri. Syukuri saja dan ikuti iramanya. Kuncinya adalah keseriusan saat kuliah nanti," jelasnya. 

STKIP PGRI Pacitan memiliki tagline Kampus Pendidik, yakni Progresif, Efisien, Normatif, Dedikatif, Inovatif, Desideratif, Interaktif dan Kreatif Konstruktif dengan ciri khas Kampus Humanis Religius, Peduli Lingkungan dan Kampus Pembina Pramuka. Sedangkan budaya yang dikembangkan hingga saat ini adalah 5M (senyum, salam, sapa, sopan dan santun). 

PKKMB STKIP PGRI Pacitan kali ini diikuti oleh 467 calon mahasiswa baru dari tujuh program studi, yaitu Pendidikan Matematika (PM), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Pendidikan Sejarah (PS), Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Pendidikan Informatika (PI) dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Seluruh peserta dibagi menjadi 18 kelompok. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES