Pendidikan

Total 249 Catar Masuk Kampus Poltekbang Surabaya

Senin, 19 September 2022 - 19:48 | 19.39k
Ratusan Catar Tahun Akademik 2022/2023 resmi memasuki Kampus Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya, Senin (19/9/2022). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Ratusan Catar Tahun Akademik 2022/2023 resmi memasuki Kampus Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya, Senin (19/9/2022). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Sebanyak 249 calon taruna/taruni (Catar) Tahun Akademik 2022/2023 resmi memasuki Kampus Politeknik Penerbangan atau Poltekbang Surabaya.

Mereka yang masuk Poltekbang Surabaya ini telah berhasil melalui sejumlah tahapan Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni (Sipencatar) hingga dinyatakan lolos. Para taruna/taruni ini berasal dari Jalur Pola Pembibitan (Polbit) juga Jalur Non Reguler (Mandiri).

Advertisement

Saat akan memasuki kampus, tak sedikit para Catar diantar oleh orang tua dan keluarga masing-masing. Namun, orang tua hanya bisa melepas anaknya di pintu gerbang Kampus Poltekbang Surabaya.

Selanjutnya, para Catar dipersilahkan memasuki pintu gerbang dengan dicek suhu tubuh dan cuci tangan pakai sabun. Kemudian, Catar dibimbing masuk oleh para pengasuh menuju ke Lapangan Dirgantara Kampus Poltekbang Surabaya untuk mengikuti tes swab, tes buta warna dan tes urine.

Begitu selesai, para Catar dikumpulkan di tengah lapangan untuk mengikuti arahan selanjutnya. Seperti pengecekan perlengkapan yang wajib dipindahkan dari tas milik pribadi ke dalam tas ransel hijau yang telah disediakan oleh para pengasuh, hingga melakukan scan barcode untuk mengetahui asrama mana yang akan ditempati oleh masing-masing Catar.

Setelah semua selesai, para Catar digiring masuk ke asrama untuk menempati kamar masing-masing, dimana satu kamar diisi oleh enam orang.

Ratusan-Catar-Tahun-Akademik-2022-c.jpg

Direktur Poltekbang Surabaya M Andra Aditiyawarman mengatakan Catar yang masuk tahun ini totalnya ada 249 orang yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

“Catar dari Jalur Polbit ada 168 orang, untuk Mandiri ada 72 orang dan dari Timor Leste 9 orang,” ujar Andra, Senin (19/9/2022).

Pihaknya berharap para Catar yang sudah masuk ini segera bisa beradaptasi dengan kondisi yang ada di Kampus Poltekbang Surabaya.

“Mereka kan berasal dari lingkungan yang berbeda-beda, di sini mereka harus bisa bergaul dengan semua saudaranya dari seluruh wilayah Indonesia. Ada beberapa dari dari Sumatera Utara, Papua Barat dan lainnya. Mereka disatukan disini, harus saling mengenal, menghormati, kalau biasanya mereka biasa sendiri di kamar masing-masing. Kali ini mereka harus berbagi dengan teman-teman sekamarnya, harus menjaga kamar tetap rapi, bergantian dalam penggunaan kamar mandi, intinya saling toleransi,” pesannya.

Ditambahkan Wakil Direktur III Poltekbang Surabaya Ahmad Kosasih, para Catar yang awal masuk kampus seperti ini akan langsung mengikuti masa orientasi selama tiga bulan.

“Mereka akan langsung diberikan pendidikan pembentukan karakter selama tiga bulan ke depan. Selama mengikuti masa orientasi ini mereka juga tidak boleh keluar kampus,” ungkapnya.

Dijelaskan Kosasih, pembentukan karakter sangat diperlukan bagi para Catar agar menjadi taruna/taruni profesional.

“Kita bentuk karakter mereka dari kehidupan mereka yang serba bebas diluar sana, dengan segala macam budaya masing-masing, sekarang kita bentuk karakternya sebagai taruna disini. Setelah selesai menjalani masa orientasi selama tiga bulan, mereka sudah mengetahui jati diri sebagai taruna sehingga tahu hak dan kewajibannya. Insya Allah mereka akan berubah menjadi manusia yang lebih beretika, yang profesional, tentu ini harapan kita semua juga harapan para orang tuanya,” kata dia terkait kedatangan 249 calon taruna/taruni (Catar) Tahun Akademik 2022/2023 di Kampus Poltekbang Surabaya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES