Pendidikan

Cetak Inovator Muda, Ponpes Karangasem Selenggarakan Workshop Karya Tulis Ilmiah

Sabtu, 24 September 2022 - 17:29 | 24.13k
OPPKM beserta tim Lensa santriwati didampingi ustadzah bidang INFOKOM bersama pemateri kak Fahmi Ikhlasul Amalludin S.Si. (Foto: Nandiroh for TIMES Indonesia)
OPPKM beserta tim Lensa santriwati didampingi ustadzah bidang INFOKOM bersama pemateri kak Fahmi Ikhlasul Amalludin S.Si. (Foto: Nandiroh for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Pondok Pesantren Karagasem Muhammadiyah atau yang dikenal sebagai Ponpes Karangasem menyelenggarakan Workshop karya tulis ilmiah untuk santriwati tingkat SLTA yang berjumlah  254 siswi. Kegiatan workshop ini sebagai langkah awal mengenalkan santriwati pada dunia inovasi dan kepenulisan ilmiah ini dengan mengundang pemateri muda yakni Fahmi Ikhlasul Amal, S.Si, lulusan dari Universitas Airlangga dengan predikat Cumlaude dan pemenang lomba kepenulisan ilmiah baik nasional maupun internasional.  

kegiatan yang diselenggarakan pada Rabu (21/9/2022) ini diangkat oleh Organisasi Pelajar Pondok Karangasem Muhammadiyah (OPPKM) bersama tim Lensa santriwati. Keduanya bekerja keras untuk menyiapkan acara Workshop ini agar terlaksana dengan lancar dan efektif. Workshop dimulai dari pukul 01.00 -16.00 WIB dengan durasi pemaparan materi 60 menit, tanya jawab 30 menit, dan doorprize 30 menit.

Advertisement

Sebagai informasi Pondok Karangasem Muhammadiyah terletak di Kompleks Pondok Pesantren Karangasem Paciran, Jl. Pondok RT.02/RW.06, Paciran, Kec. Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Kepala unit pondok yang terletak di  dalam sambutannya memberikan dorongan semangat kepada seluruh santriwati SLTA untuk mampu menciptakan inovasi yang berguna bagi bangsa dan negara sebagai jawaban permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Menurutnya Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah berkomitmen akan terus mendukung santriwati yang memiliki minat dan bakat dibidang karya tulis ilmiah dengan memberikan pendanaan secara penuh dan tak terbatas bagi santriwati yang bersedia mengikuti lomba karya tulis ilmiah. Dukungan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas riset dalam dunia pesantren dan mengoptimalisasi inovasi dan karya anak bangsa.

ponpes-karangasem-2.jpgSeluruh santriwati tingkat SLTA ponpes karangasem Muhammadiyah. (Foto: Nandiroh for TIMES Indonesia)

Workshop yang telah diselenggarakan di Auditorium KH. Abdurrahman Syamsuri ini adalah kegiatan pertama dari serangkaian kegiatan program karya tulis ilmiah untuk satu periode kedepan kepengurusan Organisasi Pelajar Pondok Karangasem Muhammadiyah (OPPKM) bagian Informasi dan Komunikasi bersama Tim Lensa Santri Putri.

Tindak lanjut dari Workshop ini adalah mengajak santriwati untuk siap berkompetisi pada kepenulisan ilmiah yang diselenggarakan oleh berbagai institusi dengan menciptakan inovasi yang mampu menjawab permasalahan hari ini. Meningkatkan daya berpikir kritis dan public speaking santriwati ini juga tentunya akan menjadi bekal mereka menghadapi dunia perkuliahan.

Menurut Nana pembina santriwati bagian Informasi dan Komunikasi (INFOKOM), program pengembangan santri bidang karya tulis ilmiah ini akan difokuskan terlebih dulu bagi tim Lensa dan OPPKM bidang INFOKOM. Selanjutnya program ini diharapkan akan dapat memberikan bimbingan kepada santri SLTA lainnya. Sebagai pondok pesantren yang memberlakukan aturan ketat haram hukumnya membawa alat elektronik di lingkungan pondok bagi santriwati kecuali saat kunjungan.

"Bukan menjadi hambatan bagi santriwati pondok pesantren karangasem untuk menyusun paper makalah sebagai karya tulis ilmiah sebab pondok pesantren telah memfasilitasi ruang laboratorium komputer bagi santriwati yang ingin mengerjakan tugas sekolah maupun menyusun laporan," ungkap Nana.

Program pengembangan santri karya tulis ilmiah ini ditujukan kepada santri tingkatan SLTA dikarenakan menyesuaikan peluang kompetisi karya tulis ilmiah yang lebih besar dan mudah ditemukan mengenai informasi lomba. Maka program ini juga diharapkan dapat menjadi program unggulan dan menghadirkan semangat santri tingkat SLTP agar melanjutkan pendidikan jenjang SLTA di pondok pesantren karangsem untuk kembali berkiprah meraih prestasi. Bersaing dengan inovasi menunjukkan bahwa pondok pesantren karangasem bukan hanya unggul dibidang prestasi agama namun juga unggul dibidang keilmuan duniawi.

Program Karya Ilmiah Remaja (KIR) di lingkungan Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah atau Ponpes Karangasem ini merupakan terobosan program pengembangan bakat santri dibidang karya ilmiah yang dapat melahirkan inovator muda. Para pembina pondok pesantren berharap dengan terselenggarakannya acara Workshop Karya Tulis Ilmiah dapat membuka wawasan baru bagi santriwati dibidang kepenulisan ilmiah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES