Pendidikan

Mahasiswa UM Kembangkan Sampo dari Merang Padi

Kamis, 06 Oktober 2022 - 17:11 | 22.66k
Lima mahasiswa UM ciptakan sabun dari merang padi bernama ORSENTRY (Foto: Orsentry)
Lima mahasiswa UM ciptakan sabun dari merang padi bernama ORSENTRY (Foto: Orsentry)

TIMESINDONESIA, MALANG – Masyarakat Indonesia zaman dulu menggunakan merang padi untuk rambut.·Merang padi diyakini bisa menjadi penghitam rambut alami yang lebih aman bagi kesehatan. Tidak hanya itu, merang padi juga dipercaya bisa mengurangi kerontokan rambut.

Hal ini kemudian memicu industri kecantikan untuk memproduksi sampo merang padi walaupun akhirnya produk jenis ini tidak lagi popular.

Advertisement

Hal ini yang melandasi lima mahasiswa Universitas Negeri Malang yang tergabung dalam salah satu tim Program Kreativitas Mahasiswa untuk mengembangkan sampo merang padi. Tim tersebut terdiri dari Dina Febriyanti, Devi Mariya Sulfa, Syalwa Dida Wuryanti, Muhamad Riyan Bagus Widiyanto, dan Muhammad Zidan Ramadhan.

Produk inovasi sampo merang padi tersebut diberi nama ORSENTRY.

Ketersediaan merang padi yang sangat melimpah terutama sebagai limbah pertanian selama ini ternyata belum dimanfaatkan secara optimal. Padahal merang padi memiliki kandungan senyawa seperti flavonoid, polifenol, protein, vitamin B1, dan zat besi (Suriani, 2018). Kandungan tersebut dimanfaatkan dalam sampo padat ORSENTRY.

Terciptanya produk ini berawal dari peningkatan pencemaran limbah air berupa busa sampo akibat senyawa aktif SLS dan peningkatan sampah botol plastik.

Devi menceritakan ide ini muncul ketika mengamati lingkungan kos dengan daerah padat bangunan dan padat penduduk. Pantauan menunjukkan, tingginya produksi sampah plastik terutama sampah yang berasal dari kamar mandi berupa plastik produk kebersihan serta busa yang menumpuk pada selokan dan sungai.

 "Membuat kami terpacu untuk menghasilkan suatu produk sampo yang inovatif dan ramah lingkungan yaitu Orsentry," ucapnya kepada TIMES Indonesia, Sabtu (1/10/2022).

Kesadaran masyarakat mengenai kesehatan rambut dan peningkatan jumlah penduduk sangat berkorelasi dengan penumpukan sampah yang semakin meningkat, yang diakibatkan oleh limbah plastik terutama dihasilkan dari kemasan sampo.

Oleh karena itu, ORSENTRY hadir sebagai inovasi baru berupa sampo padat yang penyajiannya sangat praktis dan hemat, serta tidak menimbulkan sampah bagi lingkungan.

Keunggulan sampo padat merang ini dapat mengurangi rambut rontok, menghitamkan rambut, serta dapat digunakan hingga 85 kali pemakaian. Selain itu, kemasan yang digunakan juga biodegradable dan tidak menimbulkan limbah bagi lingkungan.

"Produk kami sudah dikenalkan ke masyarakat melalui kegiatan pameran, konsinyasi dengan beberapa toko yang ada di Malang," tutur Devi tentang pengenalan produk ORSENTRY pada masyarakat umum.

Tim Orsentry sudah mengenalkan produknya melalui kegiatan pameran, konsinyasi dengan beberapa toko yang ada di Malang, bekerja sama dengan HIPMI UM, dan juga sudah menjual produk ORSENTRY di ecomers seperti Shopee dan Tokopedia.

"Kami juga bekerja sama dengan HIPMI UM, lalu kami juga menjual produk kami di ecomers seperti Shopee dan tokopedia", tambahnya.

Dari terciptanya produk ramah lingkungan ini, tim berharap agar produk yang tercipta terus berkembang dan mampu menjadi inovasi yang lebih baik, serta dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan lingkungan yang berkelanjutan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES