Pendidikan

PIT HAGI 2022, Kontribusi Geofisika Indonesia untuk Dunia

Selasa, 11 Oktober 2022 - 20:15 | 22.68k
Sejumlah perusahaan kebumian dan geofisika yang hadir dalam Exibithion PIT HAGI 2022 di Malang, Selasa (11/10/2022). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Sejumlah perusahaan kebumian dan geofisika yang hadir dalam Exibithion PIT HAGI 2022 di Malang, Selasa (11/10/2022). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGPIT HAGI atau Pertemuan Ilmiah Tahunan Himpunan Ahli Geofisika kembali digelar pada tahun ini. Tak tanggung-tanggung, kegiatan dua tahunan ini digelar cukup besar di Hall Harris Hotel & Convention Malang.

PIT HAGI ke-47 ini dilaksanakan dengan tujuan utama untuk para profesional, akademisi dan juga mahasiswa guna kontribusi keilmiahan Geofisika untuk kancah Internasional.

Advertisement

"Mereka dipertemukan di sini untuk memberikan sumbangsih keilmuan berupa penulisan ilmiah yang nantinya akan dipresentasikan atau dipublikasikan hingga internasional," ujar Cho Chairman PIT HAGI, Oddy Pranidhana, Selasa (11/10/2022).

Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai 11 hingga 13 Oktober 2022 mendatang dengan menyuguhkan 24 exhibition dari berbagai perusahaan besar terkait kebumian dan geofisika. Seperti halnya SKK Migas, Pertamina Hulu Energi, Halliburton, Geomative, Schlumberger, Petropro hingga Roadshill.

Exibithion-PIT-HAGI-2022-a.jpg

Exhibition ini juga bisa dibilang yang terbesar selama PIT HAGI menggelar kegiatan. "Exhibition ini di mana menampilkan teknologi-teknologi terbaru dari para services migas di Indonesia," katanya.

Kegiatan ini pun juga menawarkan kepada peserta mulai dari profesional, akademisi hingga mahasiswa ketika penulisan ilmiahnya akan dipublish skala internasional akan difasilitasi.

"Ketika itu menjadi publish internasional bisa jadi kebanggaan kita untuk sebagai penyelenggara dan kebanggaan untuk peserta sendiri," ungkapnya.

Kegiatan ini juga didukung penuh oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mulai dari  Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan hingga Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara.

Hadir pula Sekretaris Jenderal (Sekjen) ESDM, Rida Mulyana yang secara langsung melihat kegiatan tersebut.

"Jadi mereka kita undang untuk saling berkontribusi memberikan masukan untuk bagaimana karya-karya ilmiah tentang Geofisika ini bisa masuk ke standar Internasional," bebernya.

Sebelumnya, kegiatan ini juga pernah dilaksanakan tahun 2020 lalu di tengah pandemi Covid-19. Kini, kegiatan PIT HAGI 2022 digelar kembali dengan konsep dan skala yang lebih besar.

Exibithion-PIT-HAGI-2022-b.jpg

"Sebelumnya sangat terbatas dan online, jadi peserta tidak maksimal. Sekarang kita adakan secara offline dan antusiasmenya sangat tinggi," tuturnya.

Sejumlah kampus ternama di Indonesia juga turut andil dalam kegiatan ini. Kampus-Kampus yang memiliki jurusan Geofisika, teknik Geofisika ataupun Fisika Bumi hadir dalam menyempurnakan PIT HAGI 2022 ini.

"Tadi ada yang jauh-jauh dari Kampus UGM ada juga dari Jogja. Artinya, bagaimana kita memberikan suguhan ilmiah yang terbaik untuk bangsa kita menuju skala internasional," ujarnya.

Sebagai informasi, kegiatan ini baru dibuka hari pertama Selasa (11/10/2022). Dua hari ke depan PIT HAGI 2022  akan berjalan dengan puncak acara presentasi penulisan ilmiah secara teknikal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES