UM Gelar Pelatihan Penyusunan Rubrik Penilaian Bagi Guru Bahasa Jerman

TIMESINDONESIA, MALANG – Untuk ketiga kalinya, Departemen Bahasa Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang sukses menggelar pelatihan bagi guru bahasa Jerman se-Malang Raya, Minggu (16/10/2022).
Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim dosen bahasa Jerman yang diketuai oleh Dr. Primardiana Hermilia Wijayati, M.Pd. bersama dengan kedua petinggi Departemen Bahasa Jerman (DBJ) UM, yakni Dr. Edy Hidayat, S.Pd., M.Hum. dan Dr. Dewi Kartika Ardiyani, M.Pd.
Advertisement
Pelatihan kali ini merupakan kegiatan lanjutan dari pelatihan yang telah dilaksanakan sebelumnya, yakni pada Sabtu (3/9) dan minggu (24/7).
Dengan mengusung topik Bewertungskriterien für Sprechen atau penyusunan rubrik penilaian untuk keterampilan berbicara, pelatihan ini bertujuan untuk membekali guru bahasa Jerman se-Malang Raya dengan ilmu penilaian atau scoring terhadap kemampuan berbicara siswa.
Karena pada dasarnya, penilaian adalah salah satu aspek terpenting yang harus dilakukan oleh guru. Jika penilaian tersebut tidak dilakukan dengan teknik yang benar, maka jelas akan berdampak bagi keberlanjutan proses pembelajaran siswa.
Berlokasi di ruang sidang Fakultas Sastra, pelatihan ini dilaksanakan secara tatap muka dari pukul 09.00 sampai 14.00 WIB. Dihadiri oleh beberapa dosen DBJ UM, serta guru bahasa Jerman se-Malang Raya yang tergabung dalam asosiasi Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia (IGBJI) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Jerman (MGMPBJ).
Acara dimulai dengan pembukaan oleh ketua pelaksana, Primardiana, dan langsung berlanjut pada sesi penyampaian materi. Primardiana mengawali materi dengan menjelaskan pengertian dari kriteria skala penilaian dan membagikan beberapa tips untuk memilih kriteria penilaian yang tepat.
Pelatihan penyusunan rubrik guru bahasa Jerman yang digelar Jurusan Bahasa Jerman Fakultas Satra Universitas Negeri Malang. (Foto: Humas UM)
Primardiana memaparkan contoh konkrit terkait kriteria penilaian untuk jenis tugas dialog dan monolog yang terdiri dari dua alternatif. Guru dapat dengan bebas memilih alternatif mana yang akan mereka gunakan sebagai rubrik penilaian pada pembelajaran bahasa Jerman.
Primardiana tidak hanya menjelaskan teori dari kedua alternatif penilaian tersebut, tetapi juga memberi tugas kepada masing-masing guru untuk membuat sebuah penilaian masing-masing. Dengan dibantu operator yang bertugas, ditayangkan video dan audio berupa dialog dan monolog yang harus dinilai oleh setiap peserta pelatihan.
Adapun materi terkait rubrik penilaian ini sukses menarik atensi dan antusiasme para guru. Mereka terlihat aktif berdiskusi satu sama lain dan bertanya terkait poin-poin penting yang terdapat dalam masing-masing alternatif penilaian.
Pada akhir pelatihan, Dewi Kartika juga menambahkan penjelasan yang masih terkait dengan materi penilaian. Menurutnya, pelatihan yang diadakan oleh Departemen Bahasa Jerman ini mampu memberikan pengetahuan autentik yang sangat berguna untuk keberlangsungan proses pembelajaran bahasa Jerman di tiap sekolah se-Malang Raya.
Dengan melakukan penilaian menggunakan rubrik yang tepat, guru tidak perlu lagi merasa rancu dengan perkembangan kognitif para siswanya. Siswa juga akan mendapatkan layanan pendidikan yang lebih baik bersama guru-guru yang terlatih.
Melalui pelatihan ini, panitia berharap guru bahasa Jerman yang tersebar hampir ke seluruh penjuru Malang mampu mendapatkan banyak informasi dan mampu bertransformasi menjadi pengajar yang berkualitas. (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Wahyu Nurdiyanto |
Publisher | : Rizal Dani |