Pendidikan

Kirab Bendera Merah Putih 3219 Meter, Melebur Nasionalis dan Religius

Senin, 31 Oktober 2022 - 22:51 | 17.85k
Kirab Bendera Merah Putih 3219 Meter, Melebur Nasionalis dan Religius
Start Kirab Bendera merah putih sepanjang 3.219 meter di halaman Pendopo Trowulan, Mojokerto. (FOTO: Dok. PCNU Kabupaten Mojokerto for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma'arif (PC LP Maarif) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Mojokerto menggelar kirab bendera merah putih sepanjang 3.219 meter. Start kirab bendera merah putih ini dimulai dari Pendopo Trowulan dengan finish Gedung PCNU Kabupaten Mojokerto. Kirab ini digadang-gadang menjadi kirab bendera merah putih terpanjang.

Untuk informasi, para peserta membawa bendera yang panjangnya 3.219 meter. Angka tersebut memiliki simbol khusus yakni 1.293 adalah tahun kelahiran Kerajaan Majapahit dan 1926 adalah tahun kelahiran Nahdlatul Ulama. Hal tersebut dinyatakan oleh Ketua PC LP Ma'arif Kabupaten Mojokerto, Masruchan. 

"Makna 3.219 meter adalah simbol gabungan antara nasionalisme dan religiusitas. Yang mana kerajaan Majapahit lahir pada tahun 1.293 dan Nahdlatul Ulama berdiri pada tahun 1.926," ujarnya dikonfirmasi ulang Senin (31/10/2022).

Kirab bendera ini mengerahkan para siswa siswi dari MI/SD sampai tingkat SMA/MA/SMK sekolah yang berada dibawah naungan LP. Maarif NU. Kurang lebih ribuan peserta ikut memeriahkan kirab 3.219 meter bendera merah putih ini. 

“Kirab bendera ini mengerahkan 5000 peserta dari sekolah sekolah dibawah LP. Maarif” ucap Masruchan.

Terpisah,  KH. Abd. Adzim Alwi yang juga  mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh PC. LP Maarif. Kyai adzim sapaannya menyatakan bahwa kitab ini adalah dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2022 dan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

"Kirab ini menjadi bagian dari peringatan HSN dan Hari Sumpah Pemuda tahun 2022 yang sengaja digabung," ungkapnya.

Rombongan kirab membentangkan bendera dari depan Balai Desa Sentonorejo sampai Pendopo. Kemudian diberangkatkan oleh Gus Bara, Wakil Bupati Mojokerto bersama dengan KH. Abd. Adzim Alwi, Ketua PCNU Kab. Mojokerto.

Selain rombongan pembawa bendera, peserta kirab juga diiringi oleh anggota Paskibraka yang membawa bendera merah putih dan Panji Panji NU. Selain itu turut hadir untuk memeriahkan yakni grup drum band dan barongsai.

Setelah sampai di gedung PCNU Kabupaten Mojokerto, bendera merah putih sepanjang 3.219 ini diserahkan kepada PCNU Kabupaten Mojokerto. PCNU Kabupaten Mojokerto akan membawa bendera ini ke Pemprov Jatim dan akan dibentangkan di Tugu Pahlawan Surabaya. 

"Akan dibawa langsung oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa untuk dikibarkan," pungkas Kyai Adzim. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES