Pendidikan

IAI Tabah Wisuda 136 Sarjana, Berikut Pesan Rektor dan Kesan Lulusan

Minggu, 30 Oktober 2022 - 23:50 | 8.67k
IAI Tabah Wisuda 136 Sarjana, Berikut Pesan Rektor dan Kesan Lulusan
Prosesi wisuda IAI Tabah, yang berlangsung di Auditorium Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah, Kranji, Kecamatan Paciran, Lamongan, Minggu (30/10/2022). (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah atau IAI Tabah menyelenggarakan wisuda program Sarjana Strata Satu XIII, di Auditorium Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah, Kranji, Kecamatan Paciran, Lamongan, Minggu (30/10/2022).

Total sebanyak 136 mahasiswa yang lulus pada tahun akademik 2022/2023 ini. Mereka berasal dari lima program studi (prodi), di antaranya Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT), dan Ekonomi Syariah (ES).

Salah satu wisudawati, Hana Nabila Riska mengungkapkan bahwa selama mengenyam pendidikan di IAI Tabah, dirinya telah mendapat banyak pelajaran berharga. Tidak hanya soal akademik, tapi juga belajar menjalani hidup yang seimbang. keseimbangan dalam hidup,

"Kehidupan ini ibarat seseorang yang sedang berlayar di luasnya lautan. Agama adalah kompas dalam mengarahkan kehidupan yang diridhoi Allah SWT dan ilmu serta akhlak sebagai pengisi kehidupan agar tidak gersang dalam menjalaninya. Agama dan ilmu serta akhlak mulia selalu diajarkan dan dituntut di kampus tercinta kami, yakni IAI Tabah," kata Nabila.

Lulusan PGMI angkatan 2018 itu juga merasa bangga bisa menimba ilmu di IAI Tabah dan kini harus membuka lembaran hidup yang baru, dengan bekal ilmu yang didapat dari IAI Tabah.

"Satu babak kehidupan yang begitu menyenangkan dan menggairahkan, deskripsi itulah untuk menggambarkan babak kehidupan saat menuntut ilmu di IAI Tabah. Tidak ada rasa penyesalan hanya kebahagiaan yang ada. Terima kasih seluruh civitas akademika IAI Tabah, semoga selalu diberikan kemudahan dalam mengembangkan IAI Tabah,"

Sementara Rektor IAI Tabah, Alimul Munuroh dalam sambutannya menyampaikan bahwa toga dan jas kebesaran wisuda adalah simbol keluasan ilmu dan akhlaqul karimah. Okeh karena itu, dia menegaskan bahwa lulus menjadi sarjana harus siap menjadi contoh di masyarakat.

Pemindahan tali toga dari kiri kanan juga memiliki makna agar yang terbiasa menggunakan otak sebelah kiri, maka saat ini harus memakai otak kanan agar seimbang. Di mana yang biasanya hanya teorisasi, sudah saatnya ilmu yang diperoleh diterapkan di masyarakat.

“Visi kampus IAI Tabah, yaitu empowering the society tidak hanya di mulut saja. Tapi sudah saaatnya mengabdi dan kita selepas lulus memiliki kewajiban memberdayakan masyarakat,” tutur Munuroh.

Rektor yang pernah mengenyam studi di University of Malaya ini menambahkan bahwa saat ini IAI Tabah terus berbenah, salah satunya mengembangkan kampus di utara dekat dengan pantai dan Entrepreneur Center di gedung Selatan.

Munuroh juga menyebutkan beberapa capaian IAI Tabah di tahun anggaran 2022 ini pada program seleksi penelitian dan pengabdian, di antaranya lolos Litapdimas, Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS), dan International Conference on University Community Engagement (ICON-UCE).

“IAI Tabah sebagai kampus seyogyanya tidak hanya menjadi menara gading, tapi harus tersublimasi nilai-nilai yang dimiliki IAI Tabah kepada masyarakat sekitar. Sehingga memantapkan IAI Tabah menjadi kampus yang excellent dan prestigious," tuturnya.

Munuroh kemudian berpesan kepada para wisudawan dan wali wisuda. Di manapun lulusan IAI Tabah nanti bekerja dan mengabdi, jangan sampai melupakan kampus tercinta. "Harapannya, semoga selalu ada di hati. Tugas kami dalam membimbing, mengarahkan, dan membersamai anak-anak telah selesai, kami kembalikan ke pangkuan bapak ibu. Semangat melanjutkan S2 dan berkarir di bidang masing-masing," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES