Pendidikan

UGM Raih Dua Penghargaan dari Kemenkes RI

Senin, 07 November 2022 - 22:07 | 22.47k
UGM Raih Dua Penghargaan dari Kemenkes RI
Kampus Universitas Gadjah Mada. (FOTO: Dok. UGM)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih dua penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI dalam rangka hari Kesehatan Nasional ke-58 tahun 2022. UGM sukses menjadi Juara I Pembudayaan Gerakan Masyarakat di Perguruan Tinggi dan penghargaan Kampus Sehat.

Ketua Health Promoting University (HPU) UGM, Prof Dra Yayi Suryo Prabandari MSi PhD, menyampaikan penghargaan yang diraih ini merupakan hasil kerja sama dan dukungan seluruh unit kerja dan fakultas di UGM dalam mewujudkan kampus sehat dan pembudayaan gerakan masyarakat sehat di lingkungan kampus.

Yayi menjelaskan UGM berhasil mendapatkan apresiasi pembudayaan germas karena dinilai menjadi kampus yang menjalankan kegiatan pencegahan penyakit dan promosi kesehatan dengan baik.

"Sejak tahun 2019 UGM telah berkomitmen dalam mewujudkan kampus sehat bagi seluruh warga UGM lewat program HPU," jelasnya, Senin (7/11/2022).

Menurutnya, proses pembudayaan hidup sehat dilakukan melalui rekayasa lingkungan baik fisik maupun sosial. Beberapa di antaranya dengan mendorong aktivitas fisik bagi warga UGM, edukasi dan perilaku hidup sehat antara lain lewat Inahealth, Radio Indonesia Sehat, peningkatan deteksi dini dan pencegahan penyakit dengan pemeriksaan di GMC atau RSA serta penguatan posbindu, serta pengelolaan pangan sehat dan bergizi di kantin kampus.

Sementara itu, HPU UGM menjalankan delapan tema program utama dalam mewujudkan kampus sehat. Salah satunya adalah literasi kesehatan baik melalui media sosial, webinar, maupun pos pembinaan kesehatan terpadu (posbindu) yang ada di setiap fakultas.

Lalu, peningkatan aktivitas fisik dengan menggiatkan kegiatan olahraga secara rutin, pola makan sehat dengan mewujudkan kantin kampus yang bersih dan menu sehat, dan kesehatan mental dengan membangun sistem kampus sejahtera di setiap fakultas untuk penanganan dini kesehatan mental warga kampus.

Berikutnya, zero tolerance terhadap kekerasan, perundungan dan pelecehan, pembentukan lingkungan hidup sehat, aman dan disabled friendly, serta kesehatan reproduksi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES