Pendidikan

MIN 1 Kota Malang Raih Juara 2 Turnamen Futsal Tingkat Nasional

Senin, 14 November 2022 - 09:06 | 60.62k
MIN 1 Kota Malang Raih Juara 2 Turnamen Futsal Tingkat Nasional
Tim MIN 1 Kota Malang saat merayakan keberhasilan menjadu juara 2 turnamen Pelangi UIN Malang. (Foto: Dok MIN 1 Kota Malang)

TIMESINDONESIA, MALANGMIN 1 Kota Malang menorehkan prestasi apik pada bidang non akademik. Mereka meraih juara 2 dalam turnamen futsal tingkat nasional yang diadakan oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada ajang Pelangi 2022, Sabtu-Minggu (13/11/2022).

Pada babak final, MIN 1 Kota Malang kalah dari SDN Rampal Celaket 1. Meski kalah, tapi perjuangan MIN 1 Kota Malang patut diapresiasi. Sebab pada laga final tersebut, mayoritas pemain MIN 1 Kota Malang yang berisi siswa kelas 5 ini harus melawan tim Rampal Celaket 1 yang diperkuat siswa kelas 6.

Pelatih tim futsal MIN 1 Kota Malang, Faisal mengaku perjuangan anak asuhnya sudah luar biasa dari babak penyisihan hingga masuk babak final.

“Kami persiapan sebulan, mengumpulkan lagi pemain pemain dan kemudian berlatih bersama. Ini juga turnamen pertama kami setelah pandemi,” ucapnya.

Faisal mengungkapkan hasil ini diluar perkiraan mengingat level tim lawan dan skuad yang dimiliki oleh MIN 1 Kota Malang.

“Tapi anak anak mau kerja keras dari babak penyisihan. Melewati berbagai tekanan hingga masuk babak final,” paparnya.

Menurut Faisal, pada babak final ada pemain inti yang tidak fit karena harus bertanding dari babak 16 besar. Kondisi ini mereduksi kekuatan tim.

“Pemain sudah tampil maksimal di babak final. Tim lawan juga punya postur yang lebih bagus. Tapi sekali lagi anak anak patut mendapat apresiasi,” tegasnya.

Perjalanan MIN 1 Kota Malang di Turnamen Pelangi UIN Malang

Perjuangan Nawaf dkk yang tergabung dalam tim MIN 1 Kota Malang B ini dimulai babak penyisihan. Pada babak penyisihan melawan SDS Modern Al Rifaie Sabtu (12/11/2022), mereka bermain imbang 0-0. Meski banyak peluang yang diciptakan namun tak ada gol yang tercipta karena penampilan apik kiper lawan.

Pada laga kedua di hari yang sama, MIN 1 Kota Malang B melawan SDIT Insan Permata. Pertandingan ini berlangsung ketat. Bahkan jelang laga, skor masih 3-3. Namun sontekan dari Nawaf pada menit akhir membuat skor menjadi 4-3 untuk kemenangan MIN 1 Kota Malang. Hasil ini membawa MIN 1 Kota Malang B menjadi juara grup.

Di babak 16 besar, Minggu (13/11/2022), MIN 1 Kota Malang harus menghadapi derby MIN dengan melawan MIN 2 Kota Malang. Laga pun berlangsung ketat dan babak bertama berakhir imbang 1-1. Memasuki babak kedua, tensi pertandingan naik. Satu pemain MIN 2 Kota Malang dikartu merah oleh wasit karena dianggap melakukan pelanggaran. Namun keputusan ini tak diterima MIN 2 Kota Malang dan mereka memutuskan untuk tak melanjutkan laga. MIN 1 Kota Malang dinyatakan menang WO dan lolos babak 8 besar.

Pada babak 8 besar, MIN 1 Kota Malang menghadapi Islamic Global School. Laga ini praktis dikuasai oleh Arshavin dkk. Mereka menang dengan skor 4-1. Perjuangan berlanjut ke babak semifinal. Laga terlihat akan berjalan mudah saat MIN 1 Kota Malang unggul 2-0 melawan MI Al Huda. Namun lawan mampu mengejar sehingga skor menjadi 2-2. Pertandingan berlanjut ke adu penalti. Pada momen ini, MIN 1 Kota Malang menang adu penalti dengan skor 2-1.

Laga terakhir laga final pun dilaksanakan. Melawan SDN Rampal Celaket 1, MIN 1 Kota Malang sebenarnya unggul lebih dulu dengan skor 1-0. Namun karena dua pemain inti yang tak bisa bermain sejak awal membuat kekuatan reduksi. Hasil akhir pun milik lawan. Namun dengan skuat yang dimiliki ini MIN 1 Kota Malang, hasil akhir menjadi juara 2 sudah layak diapresiasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES