Pendidikan

PSM GGB UIN Maliki Malang Kembali Gelar Annual Concert

Senin, 14 November 2022 - 13:03 | 26.26k
PSM GGB UIN Maliki Malang Kembali Gelar Annual Concert
Penampilan PSM GGB di Taman Krida Budaya pada Minggu (13/11/2022) (Foto: Ayu Setia Ningsih/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Gema Gita Bahana (GGB) UIN Maliki Malang kembali menggelar annual concert atau konser tahunan pada Minggu (13/11/2022) di Taman Krida Budaya, Kota Malang.

Konser yang sudah memasuki tahun ke-7 ini membawakan judul “Senandung Dahayu” yang berarti nyanyian indah dengan tema “Samsara Abhipraya” yang bermakna kelahiran kembali dengan membawa harapan. Hal ini menggambarkan upaya PSM GGB UIN Maliki Malang untuk menghidupkan kembali PSM GGB setelah vakum dari pandemi selama kurang lebih dua tahun.

“Karena adanya kendala pandemi, konser yang seharusnya dijalankan tiap tahun harus terhenti di tahun 2019 dan baru dijalankan lagi di tahun ini. Sehingga kami berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan penampilan yang luar biasa,” jelas Khansa selaku pengurus PSM GGB UIN Maliki Malang.

Penampilan-PSM-GGB-b.jpgPenampilan PSM GGB di Taman Krida Budaya pada Minggu (13/11/2022) (Foto: Ayu Setia Ningsih/TIMES Indonesia)

Saat pandemi, PSM GGB harus mencari cara agar tetap aktif dalam dunia paduan suara. Karenanya, dalam kurun waktu dua tahun, PSM GGB mencoba mengikuti perlombaan virtual. Pada 3 – 8 September 2021, PSM GGB mengikuti event lomba International 4th World Virtual Choir Festival oleh Bandung Choral Society. Dalam perlombaan tersebut, PSM GGB berhasil meraih 2nd Place and Gold Medal in Open Category dan Special Jury Award untuk Most Dramatical Visual Interpretation.

Dengan penghargaan luar biasa yang pernah diraih, PSM GGB tentunya mempersiapkan konser kali ini dengan matang.

“Teman-teman dari PSM GGB telah mempersiapkan konser ini selama kurang lebih 6 bulan ke belakang. Hal ini tentunya untuk menyukseskan agenda ini agar menjadi penampilan yang istimewa,” terang Dr. Penny Respati Yurisa, M.Pd selaku Pembina PSM GGB UIN Maliki Malang saat pembukaan acara.

Dengan pengarah artistik Insan Amuda, konser tersebut terbagi menjadi dua sesi. Di sesi 1, PSM GGB membawakan 5 lagu, diantaranya Dirait On, Izar Ederrak, Rosas Pandan, Pesona Alamku, dan Nawba Isbahan. Dilanjutkan pada sesi 2, yakni Paris Barantai, Soleram, Tari Sanghyang Dedari, O Ina ni Keke, Cikala Le Pong Pong, Love on Top, dan diakhiri dengan Bahasa Kalbu.

Saat membawakannya, singer PSM GGB terbagi menjadi 8 pembagian suara. Yakni sopran 1, sopran 2, alto 1, alto 2, tenor 1, tenor 2, bass 1, dan bass 2. Sopran merupakan istilah untuk menyatakan jenis suara wanita dalam titik nada tertinggi, alto yakni wilayah rendah suara wanita, sedangkan tenor adalah suara tinggi bagi pria dan bass merupakan suara pria pada kategori rendah dan dalam.

Dengan suara merdu dan konsep yang dibawakan, konser ini mendapat antusiasme luar biasa dari penonton, baik warga UIN Maliki Malang sendiri maupun warga Kota Malang. Selain persiapan untuk penampilan, panitia juga melakukan proses promosi dengan menggandeng paduan suara mahasiswa dari universitas lain dan beberapa organisasi. Dalam proses tersebut, lebih dari 350 tiket terjual untuk menonton penampilan PSM GGB.

Penampilan-PSM-GGB-c.jpgPenampilan Dhayu Laras Kinanthi, Paduan Suara SD Plus Al Kautsar Malang (Foto: Ayu Setia Ningsih/TIMES Indonesia)

“Baru pertama kali nonton konser PSM GGB dan ternyata keren banget, kalau ada kesempatan, tahun depan mau nonton lagi,” ungkap Liza, salah satu penonton konser.

Kedatangan bintang tamu juga turut meramaikan konser ini. Selain PSM GGB sendiri, dua tim paduan suara lain juga mengisi acara. Yakni Floice, paduan suara mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya dan Dhayu Laras Kinanthi, paduan suara yang berasal dari SD Plus Al Kautsar Malang.

PSM GGB UIN Maliki Malang berharap dengan kembali diadakannya konser ini bisa menjadi batu loncatan untuk menghasilkan prestasi-prestasi baru dan PSM GGB akan semakin dikenal oleh masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES