Pendidikan

SD Modern Al-Akbar Jombang Solusi Menyekolahkan Anak Masa Kini 

Rabu, 23 November 2022 - 08:46 | 19.87k
SD Modern Al-Akbar Jombang Solusi Menyekolahkan Anak Masa Kini 
Gedung SD Modern Al-Akbar Jombang yang terletak di Jl. Raya Cukir-Mojowarno Desa Bulurejo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Telah hadir di Kabupaten Jombang Jawa Timur, Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al-Akbar yang mengusung pendidikan modern dengan memadukan konsep pendidikan Islam dan kurikulum modern. Yakni SD Modern Al-Akbar Jombang

Sekolah yang beralamat di Jalan Raya Cukir-Mojowarno Desa Bulurejo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang hadir dengan konsep sekolah yang berbeda pada umumnya. Selain kurikulumnya yang mengitregasikan pendidikan Islam dan Modern. Sekolah yang sudah mempunyai izin berdiri sesuai dengan SK. Kemenkumham: AHU-0017187.AH.04.2021 ini juga mengusung sistem full day school

Muhammad Irham, Ketua YPI Al-Akbar Jombang mengungkapkan, dirinya mengaku pendirian lembaga pendidikan yang mengintegrasikan kurikulum Islam dan Modern merupakan salah satu terobosan bahwa pendidikan Islam jauh lebih maju dan berkembang. 

SD-Modern-Al-Akbar-Jombang-B.jpgMuhammad Irham, Ketua Yayasan Pendidikan Islam Al-Akbar Jombang saat dijumpai diruangan kerjanya, Rabu (23/11/2022). (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)

"Konsep integrasi ini sebagai jawaban kepada dunia bahwa Islam itu keren, Islam itu tidak norak, dan tentunya juga mengikuti perkembangan jaman," terangnya kepada TIMES Indonesia, Rabu (23/11/2022). 

Pria yang merupakan Praktisi pendidikan ini menegaskan, bahwa dalam proses pendirian lembaganya tidak bekerjasama atau berafiliasi dengan lembaga lain. "Murni berdiri sendiri. Berdasarkan pengalaman kerja dilembaga pendidikan, kami berusaha mengembangkan pendidikan Islam di Jombang dengan konsep yang berbeda," terangnya. 

Ada beberapa keunggulan yang membedakan lembaga pendidikan yang ia kelola dengan pendidikan lainnya. Selain mendapatkan materi integrasi, peserta didik juga mendapatkan pengalaman yang lebih layaknya dipondok pesantren. 

Program unggulan tersebut diantaranya yaitu Baca Tulis Al-qur'an, Hafal 2 juz Al-qur'an, Pandai Bahasa Inggris dan Arab  Pramuka, Futsal, Renang, Shalawat, Qira'ah, Keaswajaan, Shalat dhuhur berjamaah, Jum'at religi, Jum'at bersih, Jum'at Sehat, Everyday with Al-Qur'an, Field Trip, Fun With English, Fun With Arabic, dan Fun Cooking. 

SD-Modern-Al-Akbar-Jombang-C.jpgSalah satu kegiatan SD Modern Al-Akbar Jombang. (FOTO : Dok. SD Modern Al-Akbar Jombang)

"Konsepnya belajar ilmu umum dan ilmu agama. Paginya sekolah dan siangnya belajar ilmu agama (TPQ)," paparnya. 

Tenaga Pendidik Profesional dan Lulusan Pesantren 

Irham mengatakan, lembaga ini diperuntukkan kepada seluruh masyarakat Jombang khususnya warga nahdliyin . Hal tersebut juga didukung dengan adanya para pendidik yang memiliki pengalaman belajar-mengajar di lingkungan pondok pesantren. 

Mulai dari Bestia Kumala Wardani Kepala Sekolah yang merupakan anak muda yang mempunyai segudang prestasi lulusan S2 Fakultas Kedokteran jurusan Ilmu Biomedis Universitas Brawijaya dan Vita Fatimatur Rosida Wakil Kepala Sekolah yang merupakan lulusan Pondok Pesantren Pacul gowang dan Tebuireng. 

"Untuk tenaga pendidik ada kualifikasi tertentu dalam perekrutannya. Saya mengutamakan lulusan pesantren. Karena pendidikan yang berkualitas tercermin dari tenaga pendidik yang berkualitas juga," ujarnya. 

Berideologi Aswaja An-nahdliyah 

Sesuai dengan visi sekolah yakni 'Mewujudkan anak didik yang berkarakter unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis Al-quran dan hadis serta berwawasan global kebangsaan' sekolah ini juga memiliki program keaswajaan yang berkiblat pada pesantren Tebuireng, Jombang. 

Sebab, nilai toleransi dan pembinaan karakter peserta didik menjadi poin utama dalam mencapai tujuan lembaga lembaga tersebut. "Kemarin pada hari Jum'at, tanggal 23 September 2022, kami sudah sowan ke Tebuireng untuk mengadopsi program Aswaja dari sana. Alhamdulillah direstui sama pengasuhnya, Gus Fahmi. Semoga dengan berdirinya lembaga ini pendidikan Islam di Jombang semakin maju dan berkembang pesat," harapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES