Pendidikan

Dapat Pembekalan KKM, Mahasiswa UIN Maliki Malang Siap Terjun ke Masyarakat

Rabu, 23 November 2022 - 09:31 | 23.00k
Camat Pujon Drs. Kasiyanto, MM berfoto bersama dengan mahasiswa KKM 2022-2023 di aula rektorat UIN Maliki Malang. (foto: Ayu/TIMES Indonesia)
Camat Pujon Drs. Kasiyanto, MM berfoto bersama dengan mahasiswa KKM 2022-2023 di aula rektorat UIN Maliki Malang. (foto: Ayu/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Mahasiswa UIN Maliki Malang angkatan 2020 mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM). Kegiatan ini ditujukan agar mahasiswa mampu mempraktikkan ilmu yang sudah didapat selama perkuliahan.

Sebelum terjun langsung, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat  (LP2M) UIN Maliki Malang mengadakan pembekalan untuk seluruh mahasiswa KKM 2022-2023 bersama Dr. Dinia Saridewi, MA dan Camat Pujon Kasiyanto, Senin, 22 November 2022.

Advertisement

Perempuan yang bekerja di radio Universitas Brawijaya ini memberikan pembekalan terkait kepenulisan dan publikasi. Pembekalan ini digunakan untuk membantu mahasiswa dalam membuat laporan nantinya setelah menyelesaikan tugas KKM. Laporan dalam KKM penting apalagi di era globalisasi yang harus mengikuti perkembangan teknologi internet.

Internet memiliki kekuatan untuk menjangkau seluruh kawasan. Apalagi Kawasan Indonesia yang sangat luas, populasi penduduk sekitar 277,7 juta dan pengguna gadget 370,1 juta. Ini menandakan bahwa  gadget lebih banyak daripada penggunanya. Pengguna terbanyak adalah usia 13-18 tahun. Maka dari itu, agar informasi lebih mudah dicerna adalah dengan menyesuaikan konten dengan usia yang sesuai. Seperti menggunakan bahasa yang santai dan menarik bagi golongan muda.

Mereka mengakses internet sekitar 8 jam 36 menit. Alasan terbesar pengguna internet tersebut yaitu untuk mencari informasi dan relationship. Relationship bisa berarti teman, rekan kerja, atau bahkan pasangan.

rektorat-lantai-lima-c.jpg

“Ada lima prinsip media daring yang perlu dikenalkan, yang pertama tulisan dibuat seringkas mungkin, yang kedua mampu beradaptasi, kemudian dapat dipindai, interaktif , yang terakhir komunitas dan percakapan yaitu ada ruang bagi komunikasi antar pembaca,” jelas Dr. Dinia

Lebih lanjut, karakter media daring juga tak kalah penting dari prinsip media, yaitu audience control (Mengendalikan audiens) dengan menentukan urutan berita yang dibaca, immediacy (kesegeraan) berita langsung bisa diakses, multimedia capability (kemampuan multimedia) menyajikan berita dalam bentuk teks, suara maupun gambar, dan nonlienarity atau independen dan tidak terkait berita sebelumnya. Storage and retrieval (penyimpanan) tersimpan secara abadi dan mudah diakses audiens. Unlimited space (Tak terbatas) halaman tak terbatas ukuran.

Pembekalan mengenai media ini penting karena mampu membantu mahasiswa dalam menyesuaikan pengabdian dengan perkembangan teknologi yang ada. Apalagi sumber informasi mudah dan cepat menyebar hanya dengan hitungan detik. Tak hanya itu, pembekalan mengenai penulisan dan publikasi ini sangat didukung penuh oleh para dosen.

“Begitu hadir wajib silaturahmi ke Kepala Desa, sowani, hadir, kulanuwun, permisi. Karena dengan silaturahmi ini insyaAllah anda akan didukung oleh masyarakat desa. Kalau sudah didukung maka kehadiran kalian akan diterima begitupun sebaliknya. KKM selama lima minggu ini merupakan miniatur bermasyarakat, kalau disini anda sukses insyaAllah ketika anda pulang ke kampung insyaAllah sukses,” pesan Dr.Saiful Mustofa selaku Kepala Pusat LP2M. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES