Pendidikan

Dua Mahasiswa PBI UMBY Selesaikan Dua Tahun Program Beasiswa Access

Jumat, 25 November 2022 - 13:27 | 31.60k
Dua Mahasiswa PBI UMBY Selesaikan Dua Tahun Program Beasiswa Access
Dua mahasiswa PBI UMBY behasil menyelesaikan program beasiswa Access yang diselesaiakan selama dua tahun (FOTO: HUMAS UMBY for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Dua mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris (PB) Universitas Mercu Buana Yogyakarta atau UMBY telah berhasil lolos dan menyelesaikan program Beasiswa Access selama dua tahun secara intensif. 

English Access Micro Scholarship Program adalah sebuah program pelatihan Bahasa Inggris yang disponsori oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat. Program ini tengah berjalan di 80 negara di dunia, salah satunya di Indonesia. 

Program tersebut ditujukan bagi remaja berumur 13 hingga 20 tahun. Untuk kelas tahun 2022, program ini diselenggarakan dalam 5 site yaitu Medan, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang.

CILACS Universitas Islam Indonesia (UII) merupakan site koordinator dalam penyelenggaraan program Access ini di Yogyakarta.

Ke-2 mahasiswa tersebut adalah Bagas Dwi Kameswara dan Untari Setyowati. Pada Senin (21/11/2022) bertempat di UII, mereka diwisuda dengan dihadiri Ketua Regional English Language Office dari Kedutaan Besar AS, Rick Rosenberg, dan juga Direktur IIEF Diana Kartika Jahja.

Bagas Dwi Kameswara, mahasiswa PBI UMBY asal Kluwar, Magelang, menyampaikan bahwa saat pertama kali mendaftar program Access, dia harus melalui seleksi ketat dari seluruh pendaftar di universitas-universitas di Yogyakarta.

"Dalam program ini, kami belajar bahasa Inggris dengan ditemani dua guru yang merupakan alumni program dari US programs. Tidak hanya tentang bahasa Inggris saja, tapi kami juga dilatih untuk meningkatkan soft skills kita lewat kegiatan-kegiatan seperti entrepreneurship dan community service yang wajib kita lakukan setiap akhir semester," ujarnya

Senada dengan itu, Untari Setyowati menambahkan bahwa mendapat ilmu dan pengalaman mengenai budaya US lewat event-event yang diadakan.

PBI-UMBY-2.jpg

“Kita juga belajar mengenai budaya US lewat event-event yang diadakan seperti 4th of July, Halloween, Thanksgiving, Black History Month, dll. Access juga akan menyelenggarakan English Camp dan Field Trip bagi para peserta," ujar Untari  mahasiswa asal Magetan, Jawa Tengah ini, Jumat (25/11/2022]

Dengan dimulainya kelas untuk pertama kali, mahasiswa juga diwajibkan untuk mengikuti tes TOEFL Mereka juga diberi buku textbook yang digunakan untuk belajar secara gratis sebanyak empat buah buku. 

Berikutnya mahasiswa juga dilatih untuk menjadi wirausahawan lewat kegiatan-kegiatan entrepreneurship, mulai dari mendesain produk dari barang bekas sampai mempromosikannya langsung di jalan Malioboro. Selain itu mahasiswa juga melakukan community service sebagai bentuk pengabdian ke masyarakat. 

Total community service yang sudah dilakukan ada empat, pertama community service untuk world book day. Kedua melakukan promosi pariwisata dalam Indonesia. Ketiga merupakan community service dalam bentuk animal care, dan keempat mengisi kegiatan bersenang-senang di SD Demak Ijo 2 Yogyakarta. 

Biasanya setelah melakukan community service dan entrepreneurship project, mahasiswa diwajibkan untuk mempresentasikannya di depan kelas untuk melatih keterampilan presentasi dalam Bahasa Inggris. Tidak hanya itu, mahasiswa juga diberi feedback yang membangun agar semakin termotivasi untuk terus belajar.

Ketua Program Studi PBI UMBY, Elysa Hartati, SPd MPd sangat mengapresiasi raihan dua mahasiswa berprestasi ini. "Program Access ini banyak membekali mahasiswa dengan keterampilan hardskill dan softskill, dan dari sini semoga kesempatan emas untuk mengikuti beasiswa luar negeri atau pertukaran mahasiswa luar negeri terbuka lebar untuk mereka," paparnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES