Pendidikan UIN Malang

UIN Maliki Malang Punya KKM Internasional

Jumat, 25 November 2022 - 22:22 | 18.86k
UIN Maliki Malang Punya KKM Internasional
Mahasiswa angkatan 2020 mengikuti sosialisasi KKM MBKM dan KKM Internasional di Ruang Meeting Perpustakaan UIN Maliki Malang. (foto: Ayu/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGUIN Maliki Malang kembali melaksanakan program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) secara offline. Untuk tahun ini, ada tiga program KKM yang ditawarkan yaitu KKM Reguler, KKM Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dan KKM Internasional.

Sebelum terjun ke masyarakat luas, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Maliki Malang mengadakan pembekalan kepada mahasiswa di ruang meeting perpustakaan UIN Maliki Malang pada Jum’at (25/11/2022).

Program KKM baru tahun ini adalah KKM MBKM yang merupakan amanat dari pemerintah sebagai implementasi dari kurikulum merdeka belajar. KKM MBKM ini diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Maliki Malang yang berkoordinasi dengan Fakultas berdasarkan skema MBKM selama empat bulan. Beban kredit KKM ini 20 Satuan Kredit Semester (SKS) dengan 2 SKS KKM dan 18 SKS konversi matakuliah program studi kecuali kedokteran.

“Tahun lalu masih covid, jadi masih KKM dari rumah, mahasiswa dibebaskan memilih tempat dan lokasi yang penting kegiatannya sudah ditentukan, laporannya ada, dan sesuai kegiatan. Karena sekarang sudah mulai beraktivitas seperti biasa dan sudah offline, mahasiswa harus menetap di tempat KKM seperti sebelum pandemi.” jelas Dr. Syaiful Mustofa, kepala pusat LP2M UIN Maliki Malang.

UIN-Maliki-Malang-a.jpgDr. Syaiful Mustofa menjelaskan terkait program KKM MBKM dan KKM Internasional pada Jum’at di Ruang Meeting Perpustakaan UIN Maliki Malang. (foto: Ayu/TIMES Indonesia)

Yang paling menarik juga adalah KKM Internasional. KKM Internasional sendiri merupakan keseriusan UIN Maliki Malang dalam mewujudkan UIN Maliki Malang sebagai World Class University (WCU). UIN Maliki Malang bekerjasama dengan instansi dan Lembaga luar negeri seperti Mesir, Saudi Arabia, Malaysia, Thailand, dan Kamboja. KKM yang diselenggarakan di luar negeri ini berjalan selama lima minggu yaitu pada tanggal 19 Desember 2022 sampai tanggal 22 Januari 2023.

Nantinya para mahasiswa yang mengikuti KKM di negara tujuan memiliki program kerja keagamaan dan program kerja kemasyarakatan yang sama dengan program KKM lain. Hanya saja, karena ini dilakukan di negara tujuan dan memiliki culture yang berbeda, akan ada beberapa penyesuaian dalam beberapa kegiatan yang akan dilakukan. Gambaran besar untuk program keagamaan seperti sholat 5 waktu, mengikuti kegiatan keagamaan di masyarakat sebagai wujud dari kampus ulul albab. Untuk kegiatan kemasyarakatan seperti silaturrahim ke key people sebagai wujud keagungan akhlak.

“KKM Internasional ini, melaksanakan amanat visi UIN Maliki Malang yaitu sebagai kampus yang unggul bereputasi internasional, maka kita harus mengadakan pengabdian ke masyarakat internasional,” Kata Syaiful. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES