Pendidikan

Karnaval Sastra UM 2022, Tampilkan Seni Penuh Cerita

Minggu, 27 November 2022 - 22:06 | 36.75k
Persembahan seni tari dari Sendra Tari Mahastra dalam Karnaval Sastra 2022 dalam area Lapangan depan Gedung B2 Universitas Negeri Malang. Sabtu, (26/11/2022). (Foto: Caesar Adlu Hakim/Times Indonesia)
Persembahan seni tari dari Sendra Tari Mahastra dalam Karnaval Sastra 2022 dalam area Lapangan depan Gedung B2 Universitas Negeri Malang. Sabtu, (26/11/2022). (Foto: Caesar Adlu Hakim/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGKarnaval Sastra UM 2022 bertajuk "Gana Sidhi Janaloka" merupakan kegiatan yang merujuk pada kesenian masyarakat Indonesia. Penampilan dari Kesenian Tari dan Pagelaran Busana pasangan dari masing masing program pendidikan Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Kanvas 2022 diselenggarakan dalam Universitas Negeri Malang di Gedung B2 Jalan Cakrawala No.5, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145. Sabtu, (26/11/2022).

Advertisement

Laras Asihing Tyas selaku Ketua Pelaksana, menyampaikan bahwa Karnaval Sastra 2022 mengusung tema "Gana Sidhi Janaloka" yang artinya pencapaian kesempurnaan dalam dunia manusia. Ia menjelaskan pencapaian kesempurnaan ini dapat disimbolkan dengan peragaan busana dari teman-teman Fakultas Sastra dengan busana yang luar biasa. Persembahan dari Sendra tari Mahastra dengan judul Marniting Leluri Lelurining Leluhur juga ditampilkan dalam Kanvas 2022.

Nur Akbar Erwinsyah selaku Ketua BEMFA Sastra menyebutkan bahwa konsep yang pikirkan sejak bulan April tersebut memang telah matang. Pembeda Kanvas 2022 dari tahun-tahun sebelumnya adalah acara yang bisa dilakukan secara langsung dikarenakan 2 tahun sebelumnya yang penuh keterbatasan pandemi.

Karnaval-sastra-UM-2022.jpgPagelaran Busana Karnaval Sastra yang dimeriahkan oleh masing-masing program pendidikan Fakultas Sastra dalam panggung Lapangan depan Geudng B2 Universitas Negeri Malang. Sabtu, (26/11/2022). (Foto: Caesar Adlu Hakim/Times Indonesia). 

Karnval sastra ini sebagai salah satu proker dari BEMFA Sastra merupakan acara puncak dari kegiatan BEM. Banyak rangkaian acara dimulai dari pawai, bazar, pagelaran busana, seminar nasional, juga Mahastra, Band, dance cover, pameran karya lukis juga pameran dari cipta puisi.

Pengisi acara yang luar biasa juga hadir dalam Karnaval Sastra 2022. Diantaranya hadir Band Eminensia yang merupakan alumni Sastra Indonesia dan mahasiswa Fakultas Sastra Bhaskara Dance. Pagelaran busana yang di ikuti oleh masing-masing prodi dalam Fakultas Sastra juga berlangsung meriah.

Tak lupa Mahastra yang mengangkat budaya Suku Tengger Dari Bromo. Berserita tentang pemuda Tengger yang harus dikorbankan. Sehingga 25 anak dari Raja Tengger harus dilempar kedalam kawah dan akhirnya digantikan dengan hasil alam yang dikenal sebagai Upacara Kasada. Mahastra yang telah berlatih selama sebulan penuh berhasil mempersembahkan tarian dengan penyampaian pesan yang baik setelah 2 bulan mencari orang yang tepat.

Pemenang Piala desa sebagai kompetisi olahraga yang dilaksanakan setelah maba masuk juga termasuk dalam rangkaian Kanvas 2022. Karnval Sastra memang menjadi puncak dengan pengumuman pemenang Piala Desa. Diantaranya, kompetisi Futsal dimenangkan oleh Sastra Jerman dan Sastra Arab; Voli dimenangkan oleh Seni dan Desain Sastra, Sastra Indonesia, Sastra Arab; Basket oleh Sastra Jerman, Seni dan Desain Satra dan pemenang terkait dalam Piala Desa.

Karnaval-sastra-UM-2022-a.jpgPameran Cipta Puisi Karnaval Sastra 2022 yang berada dibawah atap gedung B2 Universitas Negeri Malang. Sabtu, (26/11/2022). (Foto: Caesar Adlu Hakim/Times Indonesia). 

"Acaranya lebih meriah lagi, banyak guest star-nya agar bisa menjangkau audiens lebih banyak lagi," imbuh mahasiswa yang disapa Akbar. 

Nadya, pengunjung Kanvas 2022 mengucap bahwa, Acara Karnaval Sastra berlangsung meriah karena sebelumnya ia belum pernah melihat Karnaval Sastra. Kesan yang diberikan Kanvas 2022 adalah keren apalagi dengan informasi bahwa Kanvas merupakan program kerja terbesar BEMFA.

"Paling seru itu fashion show dan Mahastra semoga di periode selanjutnya semoga acaranya bisa lebih meriah lagi, " ujar mahasiswi Departemen Sastra Jerman Jerman tersebut. 

Acara Karnaval Sastra UM 2022 berjalan meriah dengan kehadiran pengunjung dan pihak pendukung. Dukungan acara Kanvas 2022 didapat dari pihak Warso, Hamparan Rintik, Sewa HT Kampus, Aice, dan pihak terkait lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES