Pendidikan

Sri Sultan HB X Berharap Perguruan Tinggi Berkontribusi Nyata dalam Pengembangan Desa di DIY

Selasa, 24 Januari 2023 - 21:31 | 31.20k
Gubernur DIY Sri Sultan HB. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Gubernur DIY Sri Sultan HB. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai perguruan tinggi didorong untuk bisa memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan desa di DIY. Hal ini disampaikan Rektor UGM Ova Emilia usai menemui Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Selasa (24/1/2023).

Menurutnya, Sri Sultan HB X menginginkan universitas agar mempunyai kontribusi nyata untuk pengembangan desa. Misalnya melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN). Sehingga apa yang dibutuhkan dan dikembangkan desa dapat dibantu melalui kegiatan-kegiatan dalam KKN.

Advertisement

"Ada beberapa fokus dari arahan dari Sri Sultan agar universitas mampu membantu desa yakni dengan mengembangkan pengetahuan soal tata kelola yang akuntabel dan bersih," ungkapnya. 

Para mahasiswa sebagai agen perubahan juga dapat menggali dan mengembangkan segala potensi yang dimiliki desa, termasuk membantu menyelesaikan permasalahan di desa tempat mereka melaksanakan KKN.

Sementara Wakil Rektor UGM Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Alumni, Arie Sujito menyebutkan UGM mencoba merancang program KKN yang saling terintegrasi antar perguruan tinggi maupun dengan program-program yang digalakkan Pemerintah Daerah DIY.

"Konsolidasi program KKN ini diharapkan mampu menyelaraskan agenda-agenda pemerintah dengan berbagai perguruan tinggi," tuturnya. 

Namun sebelumnya, perlu dilakukan pemetaan terlebih dahulu terkait kerentanan yang dihadapi desa-desa di DIY. Seperti kerentanan pada bidang ekonomi, tenaga kerja, kemiskinan, konflik sosial seperti klitih, hingga kebencanaan.

“Mulai Februari ini akan kita uji cobakan dan akhir Januari akan kita undang perguruan-perguruan tinggi untuk membuat desain. Memang secara informal sudah kami kontak, tetapi kami membutuhkan arahan dari Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan kira-kira yang mau dipecahkan teka-teki soal prioritasnya apa,” ujar Ari Sujito. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES