Pendidikan

Indonesia Pride! Deris Nagara, Mahasiswa Ciamis Jadi Presiden BEM Columbia University

Jumat, 03 Februari 2023 - 13:41 | 167.62k
Deris Nagara, mahasiswa Indonesia yang menjadi Presiden BEM Colombia University, New York, Amerika Serikat. (foto: dok Deris Nagara)
Deris Nagara, mahasiswa Indonesia yang menjadi Presiden BEM Colombia University, New York, Amerika Serikat. (foto: dok Deris Nagara)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mahasiswa Indonesia di luar negeri kembali menunjukkan prestasinya. Kali ini, prestasi itu ada pada sosok Deris Nagara.

Mahasiswa Indonesia ini terpilih sebagai Presiden BEM di School of International and Public Affairs (SIPA) Columbia University, sebuah universitas swasta bergengsi di New York City, Amerika Serikat. 

Pemuda kelahiran Bandung 4 Mei 1997 ini menjadi mahasiswa Indonesia pertama yang menjadi ketua BEM di universitas yang berdiri sejak 1754 tersebut. Deris 

Deris Nagara, yang besar di Ciamis, Jawa Barat ini akan menjabat sebagai Presiden BEM untuk periode 2023-2024. 

Pemilik nama lengkap Muhammad Rizki Nugraha Darma Nagara, merasa bangga dan bersyukur bisa menduduki jabatan ini.

Deris-Nagara-b.jpgDeris Nagara, Mahasiswa Indonesia yang terpilih sebagai Presiden BEM di School of International and Public Affairs (SIPA) Columbia University.

Terlebih ini adalah untuk kali pertama orang Indonesia menjadi presiden mahasiswa di Colombia University. Menurutnya, menjadi Presiden BEM akan memberikan kesemapatan belajar.

“Pemuda Ciamis to the world. Banyak belajar pokoknya!” tutur Deris seperti dikutip dari Detikcom. "Sangat bersyukur. Banyak belajar dari berbagai latar belakang teman-teman di sini," lanjutnya.

Mengemban jabatan penting di kampus melecut Deris Nagara untuk lebih giat belajar, khususnya terkait kerja sama dengan para pemangku kepentingan yang berhubungan dengan kampus dan mahasiswa di Colombia University. 

"Menghadapi dan memberikan solusi serta advokasi, kebijakan, dan pelayanan terhadap berbagai macam tantangan dan permasalahan mahasiswa. Suara mahasiswa,” ucapnya. 

Sebagai informasi, Deris Nagara di Colombia University menempuh pendidikan S2 pada jurusan Master of Public Administration. Deris Nagara kuliah dengan beasiswa LPDP Kemenkeu RI. 

Sebelumnya, Deris Nagara kuliah S1 di President University dengan mengambil juran Hubungan Internasional.

Prestasi Deris Nagara

Berkecimpung di organisasi kemahasiswaan atau kegiatan lain bukan hal asing bagi Deris Nagara. Sebelum ke New York, Daris aktif dalam bidang pemberdayaan pemuda dan pengembangan komunitas selama kurang lebih 10 tahun. 

Deris-Nagara-c.jpgDeris Nagara mendapatkan peenghargaan internasional dengan meraih penghargaan ASEAN-Korea ke 9 dalam kategori Best Delegate Award pada 2020 lalu. (foto: dok Deris Nagara)

Di tanah air, Deris Nagara juga tercatat sebagai pemuda berprestasi. Daris Nagara pernah menjadi finalis Putra Pariwisata Nusantara serta menjadi Jajaka Ciamis. Tak salah jika di Amerika Serikat dimanfaatkanya untuk mempromosikan pariwisata di Indonesia.

Tak hanya itu, Daris Nagara juga menerima penghargaan Pemuda Inspiratif Indonesia 2021 dari Kementerian Pemuda dan Olahraga. Penghargaan internasional juga pernah didapat dengan meraih penghargaan ASEAN-Korea ke 9 dalam kategori Best Delegate Award pada 2020 lalu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES