Pendidikan

Gandeng PLUT, SMAN 1 Pacitan Tumbuhkan Jiwa Entrepreneur Siswa

Rabu, 08 Februari 2023 - 12:20 | 53.56k
Siswa kelas X SMAN 1 Pacitan dididik kiat berbisnis oleh PLUT Pacitan. (FOTO: Adi For TIMES Indonesia)
Siswa kelas X SMAN 1 Pacitan dididik kiat berbisnis oleh PLUT Pacitan. (FOTO: Adi For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Menggandeng Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), SMAN 1 Pacitan, Jawa Timur mengadakan pelatihan bagi siswa kelas X untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur yang kreatif dan inovatif. 

Pelatihan entrepreneur siswa berlangsung selama empat hari, sejak Senin (6/2/2023) hingga Kamis (9/2/2023) mendatang dan dibagi menjadi 8 rombongan belajar sesuai jadwal. Pelatihan per hari diikuti oleh dua rombel. Mereka antusias mengikuti materi. 

Di awal materi, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perindustrian Pacitan, Prayitno menjelaskan 5 kiat membangun wirausaha yang sukses.

SMAN-1-Pacitan-b.jpgPara siswa kelas XI SMAN 1 Pacitan praktik pembuatan KTP elektronik di Disdukcapil.  (FOTO: Adi For TIMES Indonesia) 

Lima kiat itu yaitu agility atau kelincahan dan semangat, smart atau cerdas dalam setiap langkah, kolaborasi atau mampu membentuk jaringan kerja dengan yang lain, dan dare to change atau berani untuk berubah.

"Jadi, para siswa perlu dikenalkan realita pekerjaan, kehidupan dan tantangan sehingga jiwa entrepreneur bisa tumbuh," katanya, Rabu (8/2/2023). 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala SMAN 1 Pacitan Adi Supratikto berterima kasih kepada pihak PLUT atas materi yang diberikan sebagai bekal dan motivasi kepada siswa. 

"Terima kasih kepada PLUT yang berkenan memberikan kiat usaha dan motivasi bagi siswa kami semoga menjadi wirausaha sukses," ucapnya

SMAN-1-Pacitan-c.jpg Siswa kelas XI SMAN 1 Pacitan juga mengikuti pelatihan kependudukan di Disdukcapil Pacitan.  (FOTO: Adi For TIMES Indonesia) 

Menurut Adi, kegiatan tersebut merupakan bagian implementasi dari kurikulum merdeka yang mana di dalamnya terdapat kegiatan kokurikuler berupa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 

"Salah satu tema pelatihan adalah wirausaha," terangnya kepada TIMES Indonesia. 

Pihaknya pun berharap, dengan adanya pelatihan tersebut, selain menambah wawasan dan pengalaman empiris kerja nyata, ke depan produk lulusan sekolah yang banyak melahirkan tokoh nasional ini siap terjun di dunia industri 

"Paling penting siswa paham bahwa jiwa kewirausahaan sangat penting dalam kehidupan masa yang akan datang, tidak hanya berdagang, namun menguasai semua bidang," jelas Adi Supratikto. 

Sementara itu, secara terpisah siswa kelas XI SMAN 1 Pacitan juga memperdalam tentang ilmu kependudukan dalam mata pelajaran geografi di Kantor Disdukcapil setempat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES