Pendidikan

Mobil Operasional Disdik Kabupaten Kediri Disulap Jadi Perpustakaan Berjalan 

Sabtu, 25 Februari 2023 - 21:03 | 79.95k
Anak-anak saat membaca buku bacaan yang dibawa mobil operasional Disdik Kabupaten Kediri. (FOTO: Dok. Pemkab Kediri)
Anak-anak saat membaca buku bacaan yang dibawa mobil operasional Disdik Kabupaten Kediri. (FOTO: Dok. Pemkab Kediri)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kediri melengkapi mobil operasional dinas dengan rak berisi buku bacaan. Langkah ini dilakukan Disdik Kabupaten Kediri untuk meningkatkan literasi sekaligus memupuk minat baca kepada anak-anak terutama para pelajar.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri M Muhsin mengungkapkan program bernama Jok Literasi ini masih dalam tahap ujicoba. Di bagian belakang jok mobil operasional Disdik Kabupaten Kediri dimanfaatkan sebagai tempat rak berisi buku-buku bacaan dengan berbagai judul. 

Disdik-Kabupaten-Kediri-2.jpgAnak-anak saat membaca buku bacaan yang dibawa mobil operasional Disdik Kabupaten Kediri. (FOTO: Dok. Pemkab Kediri) 

Muhsin menuturkan saat ada jajaran Dinas Pendidikan berkunjung ke sekolah, maka pada saat yang bersamaan anak-anak bisa membaca buku yang dibawa mobil tersebut. 

"Ketika pejabat melakukan kunjungan ke sekolah, semisal ada kegiatan rapat, murid-murid bisa memanfaatkan membaca koleksi buku yang ada," terang M Muhsin, Sabtu, (25/02/2023). 

Jok Literasi telah berjalan sejak awal bulan Februari kemarin, dan sudah mampir di sejumlah sekolah seperti SD Bendo I, Kecamatan Pare. Di sekolah tersebut, kedatangan jajaran Dinas Pendidikan itu bertepatan dengan jam istirahat. 

Disdik-Kabupaten-Kediri-3.jpgAnak-anak saat membaca buku bacaan yang dibawa mobil operasional Disdik Kabupaten Kediri. (FOTO: Dok. Pemkab Kediri) 

Sementara Disdik Kabupaten Kediri bertemu dengan guru sekolah, para siswa asyik memilih buku untuk dibaca. Menempati gasebo-gasebo di halaman sekolah, mereka menikmati membaca lembar demi lembar isi dalam buku. 

Ada diantara pelajar yang memilih buku pengetahuan, kisah motivasi, maupun buku koleksi lain yang dibawakan dengan aneka gambar dengan tampilan yang lebih menarik.

Salah satu pelajar, Achmad Fachri Alfarisi, dalam kesempatan itu memilih buku berjudul The Amulet of Samarkand karya Jonathan Stroud. Bocah yang sekarang duduk di kelas 6 itu rupanya juga seorang kutu buku dan punya banyak buku di rumah.

"Sangat senang, karena bukunya di sini baru dan belum pernah membaca," ucap Fachri.

Muhsin menuturkan apabila Jok Literasi mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat, kedepan sejumlah mobil operasional lain di lingkungan Disdik Kabupaten Kediri juga akan turut dilengkapi rak dan buku bacaan. 

Menurut Muhsin, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana sebelumnya telah berpesan agar Dinas Pendidikan berusaha memaksimalkan fasilitas mobil dinas yang dibiayai dari APBD untuk dapat memberikan multiplier effect atau pengaruh yang luas bagi masyarakat. 

"Kami terinspirasi dari pesan Mas Bupati (Hanindhito Himawan Pramana) supaya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, jadi kita berusaha dari fasilitas yang kita terima juga dapat memberikan manfaat bagi para siswa ini," ungkap Muhsin terkait digunakannya mobil operasional Disdik Kabupaten Kediri jadi perpustakaan keliling. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES