Pendidikan

Siswa SMK PGRI Bondowoso Cerdas Melihat Peluang Usaha Otomotif

Rabu, 15 Maret 2023 - 11:47 | 42.67k
Siswa SMK PGRI Bondowoso terus mengasah kemampuan di bidang otomotif (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Siswa SMK PGRI Bondowoso terus mengasah kemampuan di bidang otomotif (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Peluang usaha bidang otomotif memang cukup menjanjikan. Oleh karena itu, siswa di Kabupaten Bondowoso didorong untuk memanfaatkan itu.

Salah satunya yaitu SMK PGRI Bondowoso. Yakni dengan memberikan semangat bagi para siswa untuk mengintip peluang bisnis tersebut.

Kepala SMK PGRI Bondowoso, Ifrotul Latif mengatakan, siswa seharusnya sudah bisa mengikuti perkembangan kemajuan di bidang otomotif.

Tentu kata dia, hal itu harus diimbangi dengan skill dan pengetahuan yang memadai, dan memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin. 

"Sudah saatnya siswa-siswa SMK mengikuti pesatnya dunia otomotif," jelasnya, Rabu (15/3/2023).

Menurutnya, ekstrakurikuler yang juga bisa ditanamkan kepada siswa adalah teknik dan pembelajaran modifikasi mesin kendaraan road race.

"Saatnya dijadikan sebagai alternatif kegiatan ekstrakurikuler. Apalagi ketika ditinjau dari era milenial seperti saat ini," jelasnya.

Menurutnya, di SMK PGRI Bondowoso sudah memiliki Garage School Mechanical (GSM) untuk memfasilitasi siswa mendalami ilmu tentang otomotif di luar kegiatan belajar mengajar.

"Tim GSM membawa nama SMK PGRI Bondowoso untuk berkompetisi dalam ajang kebut balap (Road Race) akhir pekan lalu," jelas dia. 

Hubungan SMK dan otomotif yang di dalamnya terdapat road race memang tidak bisa dipisahkan.

Salah satunya sebagai alternatif sarana membangun siswa lebih berprestasi di bidang otomotif. 

"Sebab, di road race bisa dibilang sebagai test case dan output hasil pengembangan dan pembelajaran, yang bisa dievaluasi secara nyata," ucapnya.

Menurutnya, GSM adalah tim kebanggaan SMK PGRI Bondowoso. Minggu kemarin turun di Kapolres Cup Road Race 2023 seri ke - 1 Bondowoso. Tim GSM turun di kelas bebek 2 tak 116 cc lokal dan bebek 2 tak 125 cc lokal Bondowoso.

Sementara, efek positif dari semua kegiatan itu, yakni mampu merangsang siswa lebih gemar belajar ilmu otomotif dalam hal modifikasi mesin.

"Ini sebagai pengembangan basis mata pelajaran otomotif di SMK PGRI Bondowoso yang ditentukan sesuai kurikulum," paparnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES