Pendidikan

Rektor Cup 2023, UMM Gelar 110 Lomba dengan 2500 Peserta

Selasa, 21 Maret 2023 - 08:49 | 103.61k
Rektor UMM Dr Fauzan MPd bersama jajaran saat menyalakan obor sebagai tanda dibukanya Rector Cup UMM 2023 di lapangan UMM, Senin (20/3/2023) malam. (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)
Rektor UMM Dr Fauzan MPd bersama jajaran saat menyalakan obor sebagai tanda dibukanya Rector Cup UMM 2023 di lapangan UMM, Senin (20/3/2023) malam. (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGUniverstas Muhammadiyah Malang (UMM) resmi membuka gelaran Rektor Cup, pada Senin (20/3/2023) malam. Rektor Cup tahun ini serentak digelar oleh 34 unit kegiatan mahasiswa. Dengan 110 lomba yang akan diikuti oleh 2.500 mahasiswa, dan digelar  selama enam bulan.

Rektor UMM Dr Fauzan MPd menyampaikan, kompetisi merupakan salah satu bagian nafas budaya yang memang harus dikembangkan. Gelaran seperti ini menurutnya juga sejalan dengan tagline UMM "Student To Day Leaders Tomorrow" atau saat ini menjadi mahasiswa dan esok akan menjadi pemimpin.

"Menjadi pemimpin itu harus dibentuk, juga perlu dibuatkan panggung. Salah satu panggung tersebut ialah Rektor Cup ini," ungkap Fauzan, Senin malam (20/3/2023).

Rektor Cup ini memiliki tujuan untuk mengkondisikan terbentuknya insan yang berprestasi di segala bidang. Serta juga ingin menguji katahanan mental para mahasiswa. 

Pihak  kampus ingin melihat, apakah mahasiswanya dalam berkompetisi menggunakan mental amarah, atau berbesar hati menghadapi persoalan dengan pikiran yang tenang hati yang dingin.

Kondisi inilah yang ingin diciptakan UMM, sebagai media untuk melihat sekaligus berlatih bagi mahasiswa untuk menyiapkan mental menjadi seorang pemimpin akan datang.

"Jadilah orang yang bijak dan suka akan tantangan, bukan orang yang gemar menghindari tantangan," ucap Rektor UMM ini.

Ketua Panitia Rektor Cup, Wahyudi Kurniawan SH MHLi menambahkan, bahwa kampus ini dipersatukan dari perbedaan. Mulai dari perbedaan suku, perbedaan agama, budaya dan adat istiadat yang pada akhirnya menjadi satu untuk menjadi satu kebanggaan.

"Juga menjadi satu wadah yakni Universitas Muhammadiyah Malang," kata Wahyudi.

Rektor Cup merupakan puncak dari rangkaian kegiatan uji kemampuan minat dan bakat, penalaran, serta kerohanian kemahasiswaan. Setiap fakultas akan mengirimkan delegasinya untuk bertanding dengan delegasi fakultas lain pada setiap rangkaian lomba. 

Nantinya Fakultas yang memenangkan banyak kategori lomba dan memperoleh medali emas terbanyak, akan keluar sebagai juara umum.

Adapun beberapa perlombaan yang digelar dalam rangkaian Rektor Cup di bidang olah raga antar lain sepak bola, bola voli, bulu tangkis dan tenis meja. 

Sedangkan untuk bidang seni beberapa diantaranya musik, menyanyi, teater dan puisi. Bukan hanya itu, Rektor Cup yang digelar Universtas Muhammadiyah Malang juga menyajikan perlombaan di bidang kerohanian seperti seni kaligrafi, qira'ah, serta dakwah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES