Pendidikan

Santri Ponpes Al-Amin Kapuas Sukses Produksi Makanan Ringan

Selasa, 21 Maret 2023 - 21:38 | 63.20k
Santri Ponpes Al Amin Kapuas saat memeragakan pembuatan makanan ringan. (Kemenag Kalteng for TIMES Indonesia)
Santri Ponpes Al Amin Kapuas saat memeragakan pembuatan makanan ringan. (Kemenag Kalteng for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PALANGKARAYA – Patut ditiru, santri Ponpes Al Amin, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah sukses memproduksi makanan ringan.

Dalam sebulan, para santri mampu menghasilkan makanan ringan tidak kurang dari 30 kilogram. Produk tersebut terbuat dari daging, tulang ikan nila, patin, dan lele.

Berkat tangan-tangan terampil, kini semua bahan tersebut dibuat menjadi stik tulang ikan, amplang ikan, serta kerupuk ikan.

Pimpinan Ponpes Al Amin, H. Suriani Jiddy menjelaskan, untuk mendukung produktivitas pembuatan kerupuk, stik dan amplang, para santri dilengkapi berbagai peralatan.

"Hanya sisik ikan saja yang belum bisa kami olah menjadi makanan ringan," katanya, Selasa (21/3/2023).

Di bawah pengawasan asatidz, para santri sebelumnya telah mengikuti pelatihan. Sedangkan hasil olahan kerupuk dan stik ikan dipasarkan ke sejumlah wilayah di Kapuas.

Tak hanya itu, produk olahan makanan ringan tersebut kini telah mengantongi sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag setempat.

Kakanwil Kalteng H. Noor Fahmi berharap agar produk olahan Ponpes Al Amin terus dikembangkan. Terutama dalam hal variasi produk dan pemasarannya.

"Misalnya ada kerupuk ikan versi pedas level tertentu yang disesuaikan dengan selera konsumen. Ini perlu dilakukan agar variasi pasar yang bisa dijangkau juga semakin luas," pintanya.

Selain itu, dirinya optimistis, kedepan Ponpes Al Amin lebih bisa mengembangkan potensi yang dimiliki. Pun dengan catatan dikelola secara serius agar kemandirian ekonomi dapat terwujud.

"Saya yakin unit usaha ini jika terus dikelola dan dikembangkan secara baik, akan mewujudkan kemandirian ekonomi pesantren. Dan tentu akan memberikan dampak positif bagi lembaga dan masyarakat sekitar," jelas Noor Fahmi saat mengunjungi Ponpes Al Amin, Kabupaten Kapuas, Kalteng. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES