Pendidikan MPR Rumah Kebangsaan

Sistem Pendidikan Nasional Harus Mampu Menjawab Tantangan Zaman

Selasa, 02 Mei 2023 - 17:47 | 31.82k
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat.
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat.
FOKUS

MPR Rumah Kebangsaan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sistem pendidikan nasional harus mampu beradaptasi menjawab kebutuhan dan tantangan zaman. Peran serta semua pihak sangat menentukan keberhasilan proses pendidikan di tanah air. 

"Semangat untuk mencerdaskan kehidupan setiap warga negara yang digaungkan Ki Hajar Dewantara harus terus bergema di negeri ini. Apalagi, berbagai perubahan dewasa ini menuntut manusia Indonesia menjadi bangsa pembelajar agar mampu cepat beradaptasi," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat pada keterangan tertulisnya, Selasa (2/5), dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional setiap 2 Mei. 

Hari Pendidikan Nasional 2023 atau Hardiknas 2023 dengan mengambil tema besar "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar".

Tema tersebut, menurut Lestari, mengajak setiap warga negara untuk mendukung sistem pembelajaran yang mampu menjawab berbagai tantangan yang kita hadapi saat ini. 

Semangat untuk mencerdaskan setiap warga negara melalui pendidikan nasional berbasis kebudayaan yang digaungkan Ki Hajar Dewantara sejak awal Indonesia berdiri, ujar Rerie sapaan akrab Lestari, harus terus dihidupkan. 

Sehingga, tambah Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, berbagai kendala yang dihadapi untuk mewujudkan sistem pendidikan nasional yang lebih baik harus segera diatasi. 

Apalagi, ujar Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, perjalanan pengembangan pendidikan secara nasional saat ini sering dihadapkan dengan banyak permasalahan, mulai dari angaran pendidikan, kurikulum, fasilitas, sarana dan prasarana, hingga sumber daya tenaga pendidikan yang belum memadai. 

Banyaknya kendala yang dihadapi, tegas Rerie, menuntut kepedulian kita bersama dalam mengatasinya. 

Para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah, ujar dia, harus mengedepankan komitmen dan membangun kolaborasi yang kuat dalam meningkatkan kualitas pendidikan di tanah air, demi mewujudkan sumber daya manusia nasional yang tangguh dan berdaya saing untuk menjawab berbagai tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia di masa datang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES