Pendidikan

21.960 Peserta Mengikuti Tes UTBK di Universitas Brawijaya

Senin, 08 Mei 2023 - 12:06 | 114.85k
Rektor UB, Prof. Widodo, S.Si.,MSi.,PhD.Med.Sc bersama Wakil Rektor bidang Akademik, Prof.Dr. Imam Santoso, MP dalam acara konferensi pers UTBK UB, Senin (8/5/2023). (FOTO: Achmad Fikyansyah/Times Indonesia)
Rektor UB, Prof. Widodo, S.Si.,MSi.,PhD.Med.Sc bersama Wakil Rektor bidang Akademik, Prof.Dr. Imam Santoso, MP dalam acara konferensi pers UTBK UB, Senin (8/5/2023). (FOTO: Achmad Fikyansyah/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2023 gelombang satu dimulai secara nasional di 74 pusat UTBK pada Senin (8/5) hingga Minggu (14/5). Universitas Brawijaya (UB) sebagai salah satu pusat penyelenggara UTBK, menyiapkan 1.580 komputer dan 61 ruang di 16 lokasi untuk para peserta UTBK.

Rektor UB, Prof. Widodo, S.Si.,MSi.,PhD.Med.Sc menerangkan, peserta yang akan mengikuti UTBK 2023 di UB sebanyak 21.960 orang. Jumlah ini meningkat 12,7 persen dibandingkan tahun 2022 yang sebanyak 19.487 peserta.

"Tahun ini UB jumlahnya sangat banyak. Lebih banyak dibanding tahun lalu

Namun demikian sudah kita cek dan periksa semua sudah disiapkan dengan baik," ucap Prof. Widodo dalam acara konferensi pers yang diselenggarakan di UB, Senin (8/5/2023).

Pihaknya menambahkan, para peserta masih wajib menerapkn protokol kesehatan saat mengikuti ujian. selain itu, untuk mengantisipasi adanya kecurangan dari para peserta, seperti menggunakan ponsel genggam pada saat test, UB juga membekali para panitia dengan metal detector atau alat pendeteksi logam di ruang ujian.

"Dan tentu kita berharap kegiatan ini bisa menjadi salah pintu masuk untuk bisa merekrut calon mahasiswa yang berkualitas. Alhamdulillah UB masih menjadi salah satu kampus favorit tujuan calon mahasiswa seluruh Indonesia," kata Prof Widodo.

Di tempat yang sama, Wakil Rektor bidang Akademik, Prof.Dr. Imam Santoso, MP, yang juga sebagai Ketua Pusat UTBK UB menjelaskan bahwa penyelenggaraan UTBK 2023 di UB melibatkan 550 pengawas, 16 penanggung jawab lokasi, 16 penanggung jawab TIK lokasi, 16 admin TIK lokasi, 4 admin server, dan 69 teknisi ruang dalam tiap sesi.

"Saya sudah konfirmasi ke bagian IT UB Alhamdulillah berjalan dengan bagus, karena itu salah satu hal yang bersifat kritis, dalam UTBK bersifat online ini," terangnya.

Setelah gelombang pertama selesai, UTBK gelombang kedua akan dilaksanakan mulai 22-28 Mei 2023. Dijelaskan bahwa ada dua sesi UTBK setiap harinya, yakni sesi pagi dan sesi siang. Hasil UTBK akan diumumkan di website https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id pada tanggal 20 Juni 2023. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES