Pendidikan

FBE UAJY Bahas Pentingnya Sustainability Reporting dalam Keberlangsungan Lingkungan

Kamis, 11 Mei 2023 - 23:44 | 126.48k
Dekan FBE UAJY, Drs Budi Suprapto MBA Ph D membuka diskusi Seminar Nasional “Sustainability Reporting for Sustainable Environment”. (FOTO: Humas UAJY)
Dekan FBE UAJY, Drs Budi Suprapto MBA Ph D membuka diskusi Seminar Nasional “Sustainability Reporting for Sustainable Environment”. (FOTO: Humas UAJY)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FBE UAJY) menggelar acara Seminar Nasional dengan tema “Sustainability Reporting for Sustainable Environment” pada Kamis (11/5/2023) di Auditorium Kampus III Gedung Bonaventura UAJY. 

Seminar nasional ini mengundang beberapa pembicara diantaranya Dr Anna Purwaningsih SE M Si Ak CA selaku dosen Program Studi Akuntansi FBE UAJY, M Roland Perdana selaku Senior Vice President, Senior Credit Officer PT Bank Negara Indonesia (BNI) dan Dena Aksinia selaku Analisis Direktorat Pengaturan dan Standar Akuntansi Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan. 

Dekan FBE UAJY, Drs Budi Suprapto MBA Ph D menjelaskan pentingnya sustainable development untuk keberlangsungan hidup. Sebagai manusia, perlu dituntut untuk ikut menjaga alam ciptaan demi anak cucu  di masa yang akan datang. Organisasi atau individu harus concern pada lingkungan serta alam semesta harus dinikmati pada saat ini dan masa mendatang. 

"UAJY juga memiliki concern yang sama, kita telah mencanangkan sebagai Universitas Laudato Si' yang artinya kepedulian terhadap lingkungan. Kita harus memerhatikan 3P yaitu People, Planet dan Profit. Dengan demikian apapun yang kita manfaatkan hari ini masih bisa dirasakan anak cucu kita,” kata Budi.

Sama halnya dengan Samiaji Sarosa, MIS Ph Dan selaku Wakil Rektor II juga memberikan sambutan mengenai pentingnya reporting untuk memonitor lingkungan.

“Kita berusaha untuk menjaga bumi dan alam yang kita miliki. Karena kita belum memiliki teknologi untuk pindah ke alam yang lain. Reporting adalah salah satu indikator upaya untuk menjaga, mengikuti dan memonitor dilakukannya perbaikan lingkungan,” ujar Samiaji.

"Tema yang diangkat dalam seminar nasional merupakan turunan dari tema Dies Natalis ke-57 UAJY yang mencerminkan kepedulian yang berlandaskan lingkungan hidup," lanjutnya. 

Sustainable Development Goals (SDGs) bertujuan untuk menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang inklusif dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas kehidupan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Seminar ini membahas lebih lanjut terkait peran sustainability report dalam mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik dan lingkungan berkelanjutan. Hal ini telah diimplementasikan di Indonesia dan dilihat dari sudut pandang praktisi maupun akademisi.

Selain itu, seminar FBE UAJY ini juga membahas praktik tata kelola perusahaan dan budaya suatu negara yang mungkin akan memberikan pengaruh dalam sustainability reporting dan praktik pelaporan keuangan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES