Pendidikan

Rektor UAD Beri Pesan Ini untuk 1191 Wisudawan

Senin, 22 Mei 2023 - 12:05 | 118.60k
Rektor UAD, Dr Muchlas MT ketika melakukan prosesi  kepada para wisudawan. (FOTO: Humas UAD for TIMES Indonesia)
Rektor UAD, Dr Muchlas MT ketika melakukan prosesi kepada para wisudawan. (FOTO: Humas UAD for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Universitas Ahmad Dahlan atau UAD Yogyakarta mewisuda sebanyak 1191 lulusan Program Sarjana, Diploma 4 dan Magister. Pada acara wisuda kali ini Rektor UAD, Dr Muchlas MT menyampaikan lima pesan kepada para wisudawan.  

Kelima pesan tersebut adalah pertama, amalkan dan kembangkan terus ilmu serta pengalaman yang diperoleh dari UAD baik di lingkungan profesi, masyarakat, tempat kita menjalani hidup.

Kedua, tumbuhkan perasaan bangga menjadi alumni UAD karena saudara diluluskan dari perguruan tinggi berkualitas.

Ketiga, tetap rendah hati, menjaga sikap sopan santun kepada siapa pun dan di mana pun menjalani profesi sebagai cerminan lulusan UAD yang berjiwa Islami. Ingat potongan ayat yang tersemat di lambang UAD. Artinya dan di atas orang yang berilmu, masih ada yang lebih tinggi ilmunya. 

"Inilah yang membatasi kita agar selalu rendah hati dan tidak menyombongkan diri," kata Muchlas kepada TIMES Indonesia, Senin (22/5/2023)

Keempat, kuatkan terus iman dan nilai-nilai keislaman dalam diri para wisudawan serta jangan lupa selalu hormat kepada orangtua. Kelima, terus berprestasi dan berkarya. 

"Jadilah orang yang bermanfaat di mana pun saudara berada sesuai nilai-nilai dasar UAD yaitu inovatif, profesional, dan dedikatif," harapnya.

Capaian Prestasi UAD

UAD memiliki segudang prestasi yang dilakukan dosen dan mahasiswanya. Salah satunya dari aspek akademik, berdasarkan SCImago Institutions Rankings (SIR) 2023, UAD menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia katagori penelitian. 

Berikutnya tahun 2023, mahasiswa UAD juga menorehkan prestasi menjadi juara I dan III pada pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) tingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

"Ini prestasi mahasiswa yang membanggakan. Selain prestasi lain yang diraih mahasiswa sebelumnya," tutur Muchlas

Prestasi tersebut lanjut Rektor, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri dan rasa bangga lulusannya. Sehingga wisudawan mampu bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lain maupun asing.

Menurutnya menanamkan rasa bangga terhadap almamater itu sangat penting. Sebab hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan diri para lulusan. "Sehingga saudara berani bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi Indonesia dan asing dalam menjalani profesi," ujar Muchlas

Sebanyak 1191 lulusan itu terdiri 1071 wisudawan Program Sarjana (S1), tiga wisudawan Program Diploma 4, dan 117 wisudawan program magister. Sebanyak 750 wisudawan Cumlaude yang terdiri atas 685 (S1), 2 (D4), dan 63 (S2)

Pelaksanaan wisuda pada Sabtu, (20/5/2023) ini dilaksanakan secara blended (luring dan daring). Upacara wisuda secara luring di Gedung Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta diikuti 1140 orang, dan 51 wisudawan disiarkan secara Daring.

"Wisuda UAD kali ini seharusnya digelar pada bulan April 2023, tetapi berbarengan dengan Idul Fitri 1444 H, sehingga baru dilaksanakan sekarang," papar Muchlas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES