Pendidikan

IAIN Takengon - Kemenag Diskusikan Hasil Validasi Terjemahan Al Quran Bahasa Gayo

Sabtu, 27 Mei 2023 - 15:28 | 121.34k
FGD membahas Al Quran Bahasa Gayo.
FGD membahas Al Quran Bahasa Gayo.

TIMESINDONESIA, ACEH – dir="ltr">Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Takengon dan tim Badan Litbang dan Diklat Kemenag telah menggelar Focus Group Discussion (FGD) tiga hari, dari 24-26 Mei 2023, untuk membahas hasil validasi terjemahan Al Quran Bahasa Gayo.

Para partisipan yang hadir dalam FGD termasuk Bupati Bener Meriah, Asisten I Kabupaten Aceh Tengah, Kapolres Aceh Tengah, Kakankemenag Bener Meriah, Kepala Cabang BSI Blang Kolak II, Tokoh Masyarakat, Budayawan, dan tim dari Balitbang dan Diklat Kemenag yang dipimpin oleh Nur Rahmah Husein.

Diskusi ini merupakan tahap penting dalam proses penerjemahan Al Quran ke Bahasa Gayo, yang sebelumnya telah melewati proses validasi. Validasi bertujuan untuk memastikan bahwa terjemahan Al Quran ke Bahasa Gayo ini akurat dan dapat diterima serta dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat penutur bahasa Gayo.

Rektor IAIN Takengon, Zulkarnain, berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses ini. “Ini merupakan tahap penting sebelum pencetakan. Setelah siap dicetak saya berharap launching dapat dihadiri oleh Menteri Agama dan Presiden RI Jokowi," kata Zulkarnain.

Pj Bupati Bener Meriah, Haili Yoga, mengungkapkan harapannya bahwa terjemahan Al-Quran ke Bahasa Gayo ini akan menjadi panduan dan implementasi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Gayo.

Menurut Bahari, yang mewakili Kepala Balitbang dan Diklat Kemenag, terjemahan Al-Quran Bahasa Gayo ini selain akan dicetak dalam bentuk fisik, juga akan tersedia dalam aplikasi Qur'an Kemenag, sehingga bisa diakses secara digital oleh masyarakat.

"Selamat dan terima kasih kepada semua tim penerjemahan Al Quran Bahasa Gayo. Jika sudah ditashih oleh LPMQ Kemenag RI dan disetujui untuk dicetak, maka tahap awal akan dilakukan pencetakan 200 – 300 Al Quran,” ungkap Bahari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imam Kusnin Ahmad
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES