Pendidikan

Mengenal Jejak Presiden Soekarno melalui Aplikasi ISukarno

Jumat, 14 Juli 2023 - 12:35 | 67.56k
Tampilan Aplikasi ISukarno yang diambil dalam Museum Bung Karno (FOTO: Bunga Fitriati/TIMES Indonesia)
Tampilan Aplikasi ISukarno yang diambil dalam Museum Bung Karno (FOTO: Bunga Fitriati/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Pada era digital, teknologi dan informasi berkembang pesat. Perkembangan tersebut tentu memberikan kemudahan dan menunjukkan kemajuan peradaban. Seperti halnya, ISukarno aplikasi digital yang mencakup informasi tentang Proklamator juga Presiden Pertama RI Bung Karno.

ISukarno merupakan aplikasi digital yang diciptakan oleh UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Aplikasi tersebut berisikan segala sesuatu tentang Bung Karno. Mulai dari biografi, karya dan pemikiran sampai Infografis, foto bahkan koleksi digital pun ada. Semua itu dikemas secara apik dalam satu bentuk aplikasi yaitu ISukarno.

Advertisement

Aplikasi-ISukarno-2.jpgPotret Pengunjung ISukarno dalam Museum Bung Karno (FOTO: Bunga Fitriati/TIMES Indonesia)

Petugas Layanan Koleksi Khusus Bung Karno, Indrawan Gambiro menjelaskan bahwa UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno mempunyai tugas juga untuk menyosialisasikan Pemikiran Bung Karno memanfaatkan teknologi dan informasi untuk sampai ke masyarakat salah satunya menggunakan media resminya.

“Kita juga punya tugas untuk mensosialisasikan Pemikiran Bung Karno. Nah mensosialisasikan gak mungkin kita datangi satu persatu ke masyarakat. Makanya kita manfaatkan teknologi dan informasi. Salah satunya media resminya misalnya IG. Segala aktivitas kita bisa diinformasikan segala aktivitas kita. Tidak hanya itu, di situ juga ada informasi lain tentang Bung Karno misalnya apa itu Peci Bung Karno dan Informasi unik lainnya, kita sampaikan video singkat berbentuk reels. Selain itu juga ada web, tulisan-tulisan kita juga disitu. Namun terlepas itu, yang jelas kita juga ada sosialisasi fisiknya,” kata Indra kepada TIMES Indonesia, Rabu (12/7/2023) di Perpustakaan Bung Karno.

Lebih lanjut, Indra, sapaan akrabnya, menjelaskan tentang pengembangan baru tentang koleksi Presiden Pertama RI Ir. Soekarno yaitu ISukarno. 

“Nah selain itu juga ada pengembangan baru yaitu ISukarno, yaitu koleksi-koleksi beliau yang sudah terdigitalkan dan sudah ada di Google PlayStore. Di dalamnya ada banyak seputar Bung Karno bahkan pidato, foto dan lainnya,” kata pria lulusan Universitas Brawijaya itu.

Saat memasuki Museum Bung Karno yang terletak satu kawasan dengan makam Bung Karno, menjelang ke pintu keluar museum, selain menunjukan jejak memorable Soekarno , juga dipamerkan dengan jajaran komputer yang berisikan aplikasi ISukarno.

Dengan adanya aplikasi ISukarno, masyarakat lebih mudah dalam mengakses informasi apapun tentang Presiden Soekarno. Salah satu pengunjung mengungkapkan bahwa ia senang dengan adanya aplikasi tersebut.

“Saya baru tahu ada aplikasi ini, terus saya coba pas masuk museum tadi. Saya kira isinya cuma itu aja eh ternyata banyak ketika di klik di home nya. Aplikasi ini keren memuat semua tentang Presiden Soekarno dengan simple namun sepertinya lengkap. Jadi memudahkan kita kak gaperlu cari satu persatu di laman pencarian dulu, karena di sini udah jadi satu tinggal pilih mau baca yang mana,” ujar salah satu pengunjung dari Surabaya yang tak mau disebutkan namanya.

UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno sebagai pengemban marwah Perpustakaan Bung Karno tidak lepas dari tujuan pendirian perpustakaan Bung Karno. Masyarakat tak hanya mengunjungi makam atau abu-nya, namun juga harus pemikiran dan jejak langkah atau api-nya Bung Karno. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Konten promosi pada widget ini bukan konten yang diproduksi oleh redaksi TIMES Indonesia. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES