Pendidikan UIN Malang

Gema Gita Bahana UIN Malang Borong 5 Penghargaan 

Sabtu, 15 Juli 2023 - 19:24 | 62.85k
Penghargaan yang diraih oleh Paduan Suara Mahasiswa Gema Gita Bahana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berhasil memborong 5 penghargaan di ajang The 1st SATU VOICE National Choir Festival.  (Foto: Humas UIN Malang)
Penghargaan yang diraih oleh Paduan Suara Mahasiswa Gema Gita Bahana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berhasil memborong 5 penghargaan di ajang The 1st SATU VOICE National Choir Festival.  (Foto: Humas UIN Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Paduan Suara Mahasiswa Gema Gita Bahana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) berhasil memborong 5 penghargaan di ajang The 1st SATU VOICE National Choir Festival. 

Dalam lomba tingkat perguruan tinggi keagamaan se-Indonesia tersebut, Gema Gita Bahana UIN Maliki Malang meraih posisi Best Conductor Saddam Syafier Afyzon, Gold Medal Kategori Folklore tingkat perguruan Tinggi dengan nilai 93.19, Gold Medal Kategori Lagu Nasional tingkat perguruan Tinggi dengan nilai 92.10, Grand Champion Terbaik Pertama, dan Grand Champion Terbaik Kedua.

Advertisement

Kasubag Humas UIN Maliki Malang M Fathul Ulum mengatakan, salah satu maksud dan tujuan kegiatan ini adalah Meningkatkan, menggali potensi dan keterampilan pelajar tingkat SMA sederajat serta mahasiswa perguruan tinggi keagamaan di bidang kepaduan suaraan. Serta memperkuat tali silaturrahim dan kerjasama antarlembaga paduan suara baik tingkat Sekolah Menengah maupun Perguruan Tinggi Keagamaan. 

"Kegiatan The 1st SATU VOICE National Choir Festival ini terdiri dari 2 tahapan, yaitu: perlombaan, seluruh peserta akan tampil di kategori yang diikuti, diberikan penilaian oleh dewan juri. Selanjutnya final Grand Prix, satu peserta terbaik dari setiap kategori akan dipilih untuk tampil pada Grand Prix untuk memperebutkan juara Grand Prix," ujarnya.

Ajang perdana ini dilaksanakan mulai 11 - 13 Juli 2023 yang bertempat di Kampus Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung. Peserta terdiri dari 5 tim paduan suara pada setiap tingkatan. Seluruh tim yang berlomba tim akan memperebutkan Piala Grand prix Menteri Agama Republik Indonesia. 

"Paduan Suara Mahasiswa Gema Gita Bahana UIN Malang berpartisipasi pada seluruh kategori. Pada kategori lagu nasional kami membawakan lagu berjudul Pesona Alamku - Komp. Gabriel Denis Devian dan Dari Sabang Sampai Merauke - Arr. Gabriel Denis Devian. Lalu untuk Kategori Folklore kami mebawakan lagu Sudah Berlayar - Arr. Budi Susanto Yohannes dan Cikala Le Pong Pong - Arr. Ken Steven," terangnya. 

Ulum menambahkan, selain untuk melanjutkan prestasi yang pernah ditorehkan sebelumnya, keikutsertaan UKM Paduan Suara Mahasiswa Gema Gita Bahana UIN Malang dalam The 1st SATU VOICE Choir Festival merupakan langkah awal atau rangkaian dari Baladhitya Indonesia Goes to International Choir Festival Malaysia Choral Eisteddfod (MCE) 2023. 

"Baladhitya Indonesia merupakan nama yang digunakan oleh Paduan Suara Mahasiswa Gema Gita Bahana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang di kancah Internasional. Tujuan kami mengikuti The 1st SATU VOICE Choir Festival tentunya menjadi langkah awal dan mengukur kemampuan kami di kompetisi International selanjutnya," kata dia.

Dia menyebut, keberhasilan Gema Gita Bahana UIN Maliki Malang ini tidak luput dari bimbingan Insan Amuda selaku pengarah artistik, dukungan penuh dari pembina Dr. Penny Respati Yurisa, MPd., conductor Saddam Syafier Afyzon serta semua singer yang tiada lelah untuk selalu mau berusaha dan semangat untuk menjadi lebih baik lagi. (*)

Baca berita selengkapnya di uin-malang.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Konten promosi pada widget ini bukan konten yang diproduksi oleh redaksi TIMES Indonesia. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES