Pendidikan

MI Al Fithrah Surabaya Sebulan Penuh Hiasi Maulid dengan Cinta dan Shalawat

Selasa, 10 Oktober 2023 - 13:58 | 57.58k
Suasana maulidan MI Al Fithrah Surabaya, para siswa diajak bershalawat untuk cinta Rasul. (Foto: Al Fithrah for TI)
Suasana maulidan MI Al Fithrah Surabaya, para siswa diajak bershalawat untuk cinta Rasul. (Foto: Al Fithrah for TI)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Dalam dunia yang penuh gejolak, inilah saat-saat di mana keyakinan dan perayaan agama menjadi semakin penting. MI Al Fithrah Surabaya tidak hanya memperingati, tetapi merayakan maulid Nabi Muhammad Saw. dengan antusiasme dan kehangatan yang mendalam.

Sebagai puncak dari rangkaian kegiatan selama bulan maulid, pada 30 September 2023, majlis khusus digelar dengan nuansa yang mendalam dan spiritual. Sebelum seremoni dimulai, terdengar suara tawasul yang dibacakan sebagai penghormatan kepada Nabi Muhammad, para guru, dan orang tua yang telah mendahului.

Namun, majlis bukanlah satu-satunya aktivitas yang dilakukan oleh MI Al Fithrah selama bulan maulid. Seri kegiatan story telling yang diadakan sehari sebelumnya telah memukau para santri.

Dengan kehadiran pendongeng nasional, Kak Puput dan Kak Windi, kisah hidup Nabi diceritakan dengan cara yang menarik dan inspiratif, menggugah hati setiap santri yang mendengar.

Tetapi ada tradisi khusus yang benar-benar membedakan MI Al Fithrah dari sekolah lain. Setiap pagi, sebelum pelajaran dimulai, suara merdu sholawat Fii Hubbi menggema di seluruh ruang sekolah.

 Tradisi ini tidak hanya mengajarkan santri tentang kepentingan berdoa dan bersholawat, tetapi juga mengingatkan mereka tentang cinta yang mendalam kepada Allah dan RosulNya.

Kepala Madrasah Mi Al Fithrah Ustadzah I’is Nurkayanti mengungkapkan kegiatan seperti Ini bukanlah hanya tradisi biasa, tetapi sebuah implementasi dari salah satu pendidikan karakter yang menjadi ciri khas MI Al Fithrah yang pertama, yaitu Cinta Allah dan Rosul. 

Melalui pembacaan sholawat ini, para santri diajarkan untuk menyambut bulan maulid dengan semangat dan suka cita, menginternalisasi rasa cinta mereka kepada Nabi Muhammad Saw.

Melalui kegiatan-kegiatan seperti ini, MI Al Fithrah berupaya menanamkan nilai-nilai keagamaan yang mendalam pada santrinya, memastikan bahwa mereka tumbuh menjadi individu yang beriman, bertanggung jawab, mencintai agama dan rosul mereka. Tuturnya (*) 

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES