Pendidikan

Pendidikan Pertanian bagi Anak-Anak: Pengalaman Edukasi di Polbangtan Malang

Jumat, 13 Oktober 2023 - 16:59 | 78.99k
Kegiatan edukasi pertanian di Polbangtan Malang diikuti oleh 50 siswa-siswi TKK Santo Yusup III Malang (Foto: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)
Kegiatan edukasi pertanian di Polbangtan Malang diikuti oleh 50 siswa-siswi TKK Santo Yusup III Malang (Foto: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) selaku Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pertanian (Kementan) menyelenggarakan program edukasi pertanian kepada anak-anak dari TKK Santo Yusup III Malang, Jumat (13/10/2023).

Kegiatan tersebut merupakan upaya Kementan untuk mengenalkan dan mendekatkan generasi muda sejak dini dengan dunia pertanian. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan eduwisata harus hebat, termasuk infrastrukturnya dan pertanamannya. Semuanya harus hebat.

“Sehingga agro wisata dapat menjadi tempat atau sarana pembelajaran dan meningkatkan kecintaan kaum milenial, serta usia dini terhadap pertanian dan peternakan,” ujar Dedi.

Kegiatan edukasi pertanian di Polbangtan Malang diikuti oleh 50 siswa-siswi TKK Santo Yusup III Malang. Dalam kegiatan tersebut, anak-anak belajar dan mengenal dunia pertanian dan peternakan melalui pengalaman langsung.

Polbangtan-Malang-1.jpg

Mereka berkesempatan melihat budidaya hewan unggas, kambing, sapi, dan belajar menanam serta memanen hasil pertanian. Bahkan, mereka juga mendapat pengalaman membajak sawah dengan menunggangi sapi dan menjalani tur keliling area Polbangtan Malang menggunakan tractor atau alat mesin pertanian.

Guru TKK Santo Yusup III Malang, Kristien, mengungkapkan kegembiraan anak-anak dan guru selama wisata edukasi di Polbangtan Malang.

“Anak-anak senang banget dengan alam di sini, suasana aman dan menyenangkan kami sebagai guru tidak merasa kerepotan karena sangat dibantu dengan tim yang ada di Polbangtan Malang, dan berharap kami masih dapat terus berkunjung ke sini,” ujar Kristien.

Polbangtan-Malang-2.jpg

Humas Polbangtan Malang, Didiet Ferdianto menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman positif bagi anak-anak dalam memahami proses pertanian dan peternakan, meningkatkan kecintaan terhadap dunia pertanian, dan menghubungkan mereka dengan alam dan lingkungan sekitar.

"Melalui edukasi pertanian semacam ini, generasi muda diharapkan akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang aspek vital pertanian dan berkontribusi pada pembentukan pemahaman yang berkelanjutan tentang keberlanjutan sumber daya alam," ujar Didiet. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES