Pendidikan

HMD Sastra Jerman UM Kupas Tuntas Cara Bekerja di Jerman

Minggu, 15 Oktober 2023 - 22:38 | 27.41k
Pembukaan Seminar Deutsche Tage oleh Sekretaris Departemen Sastra Jerman oleh Dr. Dudy Syafruddin, SS. MA., di Gedung D14 FS UM, pada Sabtu (14/10/2023). (FOTO : Sie Dokumentasi Panitia Deutsche Tage 2023).
Pembukaan Seminar Deutsche Tage oleh Sekretaris Departemen Sastra Jerman oleh Dr. Dudy Syafruddin, SS. MA., di Gedung D14 FS UM, pada Sabtu (14/10/2023). (FOTO : Sie Dokumentasi Panitia Deutsche Tage 2023).

TIMESINDONESIA, MALANG – Mahasiswa Departemen Sastra Jerman Universitas Negeri Malang (UM) menggelar seminar bertema "Arbeit und Leben in Deutschland" Sabtu (14/10/2023).

.Pada seminar ini, peserta diajak untuk menjelajahi berbagai aspek kehidupan dan dunia kerja di Jerman. Topik yang dibahas meliputi sistem pendidikan, budaya kerja, hak pekerja, sistem kesejahteraan sosial, dan aspek-aspek penting lainnya yang menjadi ciri khas negara Jerman.

Seminar ini menghadirkan Marlene Klässner dari DAAD (Deutscher Akademischer Austauschdienst) atau Dinas Pertukaran Akademis Jerman yang membahas mengenai beasiswa, Siti Aminah dan Andung Sayogo dari Wisma Jerman yang membahas mengenai Ausbildung, dan yang terakhir adalah Ainur Rosyidah yang membahas seputar pengalamnya bekerja di Jerman.

“Salah satu jalan pembuka untuk bisa bekerja di Jerman adalah beasiswa, salah satunya beasiswa dari DAAD,” ujar Marlene Klässner yang merupakan native speaker asal Jerman tersebut.

Pemateri kedua dalam seminar ini adalah Siti Aminah dan Andung Sayogo yang mejelaskan, bahwa untuk mengikuti Ausbildung dibutuhkan kesiapan yang sangat matang. Pelamar setidaknya memiliki sertifikat level bahasa Jerman B1 untuk mengikutinya.

“Ausbildung merupakan program yang sangat diminati orang-orang yang ingin bekerja di Jerman,“ ucap Siti Aminah dari Wisma Jerman.

Pemateri terakhir, yaitu Ainur Rosyidah menjelaskan, bahwa pengalamnnya bekerja dan menempuh pendidikan di Jerman memberikan banyak pengalaman yang menarik bagi dirinya. Mahasiswa yang bekerja paruh waktu di Jerman sangatlah umum dilakukan. Bahkan, hal tersebut merupakan sebuah keharusan bagi yang ingin melanjutkan mencari pekerjaan tetap di Jerman.

“Saat ini Jerman sangat membutuhkan banyak SDM yang mumpuni, karena banyak pekerja yang sudah tua dan sedikitnya anak muda di Jerman yang memiliki skill yang mumpuni, maka dari itu peluang untuk bekerja disana sangatlah besar” jelasnya yang juga alumni Universitas Negeri Malang.

Seminar "Arbeit und Leben in Deutschland" yang diselenggarakan dalam rangka Deutsche Tage 2023 ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam bagi mahasiswa Sastra Jerman UM tentang aspek-aspek penting yang memengaruhi kehidupan sehari-hari dan dunia kerja di Jerman. Selain itu, acara ini juga menjadi wadah untuk mempererat hubungan antara mahasiswa dan dosen dalam lingkungan Fakultas Sastra UM.

“Kami berharap acara seminar seperti ini dapat berlangsung setiap tahunnya dan memberikan gambaran untuk mahasiswa yang ingin mencari pekerjaan di Jerman,” ucap Dr. Dudy Syafruddin, SS., MA. Selaku sekretaris Departemen Sastra Jerman UM. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES