Pendidikan

Keren! Jadi yang Pertama, MTs Al-Hikam Jombang Raih Penghargaan Adiwiyata Mandiri

Rabu, 18 Oktober 2023 - 18:07 | 57.23k
Siti Nurbaya Bakar, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyerahkan penghargaan Adiwiyata Mandiri kepala sekolah MTs Al-Hikam Maftuhah Mustiqowati di auditorium gedung Manggala Wanabakti KLHK, Selasa (17/10/2023) kemarin.
Siti Nurbaya Bakar, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyerahkan penghargaan Adiwiyata Mandiri kepala sekolah MTs Al-Hikam Maftuhah Mustiqowati di auditorium gedung Manggala Wanabakti KLHK, Selasa (17/10/2023) kemarin.

TIMESINDONESIA, JOMBANGMTs Al-Hikam Jombang kembali menorehkan prestasi gemilang dengan meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri. Prestasi membanggakan ini menjadikan MTs Al-Hikam sebagai sekolah swasta pertama di Jombang yang memperoleh penghargaan bergengsi tersebut.

Penghargaan ini menjadi bukti nyata komitmen MTs Al-Hikam dalam menjaga dan melestarikan lingkungan sejak dini.

Penghargaan Adiwiyata Mandiri diserahkan langsung oleh Menteri Siti Nurbaya Bakar, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kepada kepala sekolah MTs Al-Hikam Maftuhah Mustiqowati di auditorium gedung Manggala Wanabakti KLHK, Selasa (17/10/2023) kemarin.

MTs-Al-Hikam-Jombang.jpg

Maftuhah Mustiqowati Kepala Sekolah MTs Al-Hikam Jombang mengatakan keberhasilan MTs Al-Hikam meraih penghargaan ini tidak lepas dari kerja keras seluruh pihak, baik siswa maupun tenaga pendidik.

“Proses pendidikan di MTs Al-Hikam Jombang tak hanya terbatas pada pembelajaran akademik semata, tetapi juga mencakup nilai-nilai kepedulian terhadap lingkungan. Bahkan saya masukan dalam kurikulum pembelajaran kami,” katanya kepada awak media, Rabu (18/10/2023).

Menurut perempuan yang akrab disapa Ning Ika menerangkan bahwa Adiwiyata Mandiri menjadi wujud konkret dari upaya MTs Al-Hikam dalam mengajarkan pentingnya pelestarian lingkungan kepada para siswa.

“Kami sangat bersyukur MTs Al-Hikam Jombang menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri. Ini adalah hasil dari kerja keras dan komitmen bersama untuk melestarikan lingkungan sekitar,” terangnya.

Dalam program Adiwiyata Mandiri, MTs Al-Hikam Jombang telah melakukan berbagai kegiatan lingkungan, termasuk penanaman pohon, pengelolaan sampah, dan upaya konservasi air. Semua langkah ini diarahkan untuk membentuk generasi muda yang memiliki kesadaran lingkungan yang tinggi.

MTs-Al-Hikam-Jombang-2.jpg

“Ada banyak produk olahan sampah yang dihasilkan oleh sekolah dan siswa kami, seperti eco brick, topeng kertas, kerajinan, dan lain-lain,” ujar perempuan yang akrab disapa Ning Ika ini.

Penghargaan Adiwiyata Mandiri ini menegaskan bahwa pendidikan lingkungan bukanlah sekadar mata pelajaran, melainkan gaya hidup yang dapat diterapkan sejak dini. MTs Al-Hikam Jombang menjadi contoh nyata bahwa kepedulian terhadap lingkungan adalah tanggung jawab bersama dan investasi untuk masa depan yang lebih baik.

“Kami menekuni penglolaan sampah ini sejak 2015. Prosesnya memang tidak gampang butuh istiqomah dan ketelatenan. Kami berharap hal ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah lain dalam menjalankan program-program lingkungan yang berkelanjutan," harap Ning Ika. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES