Pendidikan

Polbangtan Malang Rintis Kerjasama dengan Universitas Pertahanan Bangun Perbatasan

Senin, 30 Oktober 2023 - 16:53 | 36.20k
Polbangtan Malang merintis kerjasama dengan Universitas Pertahanan dan Pembangunan Pertanian wilayah Perbatasan. (Foto: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)
Polbangtan Malang merintis kerjasama dengan Universitas Pertahanan dan Pembangunan Pertanian wilayah Perbatasan. (Foto: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kementerian Pertanian (Kementan) saat ini tengah fokus untuk memperkuat penyelenggaraan pendidikan di lembaga pendidikan tinggi vokasi pertanian. Untuk mewujudkan hal tersebut, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) melakukan sinergi dengan Kementerian/Lembaga terkait, perguruan tinggi maupun stakeholder lainnya.

Kerjasama antara Kementan dan Universitas Pertahanan yang dilakukan di Politeknik Ben Mboi Universitas Pertahanan RI-Belu-NTT, Jumat (27/10/2023) untuk mengembangkan sinergi antara Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dan Fakultas Logistik Militer Universitas Pertahanan memiliki tujuan mengembangkan profesionalisme sumber daya manusia pertanian melalui pendidikan, penelitian, pengembangan standardisasi dan pengabdian masyarakat di bidang pertanian.

Universitas Pertahanan merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang dianggap memiliki kekhususan atau prodi spesifik yang tidak dapat dijalankan oleh Perguruan Tinggi di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), sehingga Universitas Pertahanan di bawah Kementerian Pertahanan RI tetap dapat melaksanakan penyelenggaraan pendidikan.

Polbangtan-Malang-bae5c78aabf5a3360.jpg

Melalui program vokasi Fakultas Logistik Militer, diharapkan, program vokasi tersebut nantinya akan dapat memenuhi kebutuhan logistik militer di daerah perbatasan secara mandiri, yang juga hasilnya diharapkan dapat mendukung sistem pertahanan rakyat semesta.

Ketersediaan pangan adalah faktor vital dalam memastikan pertahanan dan keamanan suatu negara. Ketersediaan pangan yang cukup dan stabil sangat penting dalam mendukung operasi militer dan memastikan ketahanan nasional.

Tentara di seluruh dunia juga memainkan peran penting dalam manajemen pangan, terutama dalam situasi darurat atau perang. Mereka dapat membantu dalam distribusi pangan, penyediaan bantuan pangan, serta dalam menjaga keamanan sumber daya pangan strategis.

Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa penandatanganan MoU tersebut merupakan kesepahaman untuk membangun SDM pertanian Indonesia agar menjadi ´pendekar´ pertanian ke depan.

“Ke depan, alat negara itu petani, karena pangan menjadi komponen penting keamanan pertahanan Indonesia,” katanya.

Polbangtan-Malang-cd8d7ccead82503ab.jpg

Wakil Direktur 1 bidang Akademik dan Kerjasama Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang) Novita Dewi Kristanti yang turut hadir mengatakan kerjasama ini akan memperluas jejaring kerjasama dalam pengembangan pendidikan pertanian, kolaborasi kegiatan, dan sinergi dalam pengelolaan pendidikan, khususnya pendidikan tinggi di bawah naungan Kementerian Pertanian.

Melalui kesepakatan bersama ini, diharapkan bahwa kedua lembaga akan saling mendukung dalam mencapai tujuan bersama untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas dan meningkatkan daya saing sektor pertanian di Indonesia.

Kolaborasi ini akan memperkuat sinergi antara lembaga pendidikan tinggi vokasi pertanian dan lembaga pertahanan, yang diharapkan akan menghasilkan inovasi dan peningkatan dalam sektor pertanian. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES