Pendidikan

Dekan FPIK UNMUL: Manfaatkan Peluang Sektor Perikanan di IKN Nusantara

Rabu, 01 November 2023 - 23:15 | 32.81k
Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Mulawarman (UNMUL) Dr. Ir. Komsanah Sukarti, M.P  (Foto: Amril/TIMES indonesia)
Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Mulawarman (UNMUL) Dr. Ir. Komsanah Sukarti, M.P (Foto: Amril/TIMES indonesia)

TIMESINDONESIA, SAMARINDA – Pemindahan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN Nusantara) ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) akan menjadi peluang usaha yang sangat besar diberbagai sektor, salah satunya sektor perikanan yang memiliki potensi dalam peningkatan ketahanan pangan.

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Mulawarman (UNMUL) Dr. Ir. Komsanah Sukarti, M.P mengatakan bahwa dengan adanya perpindahan IKN Nusantara di Kaltim maka peningkatan sektor perikanan harus terus digalakan. 

Tentunya, aspek lumbung pangan harus dipersiapkan sebaik mungkin, tidak hanya sektor pertanian saja. "Kaltim punya potensi laut yang sangat luas. Oleh karena itu perlu perencanaan serta pengelolaan yang terbaik dan bersinergi dalam rangka mendukung IKN tersebut," ucapnya saat ditemui awak media, Rabu (01/10/2023).

Selain itu Komsanah sapaan akrabnya, mengajak seluruh civitas akademisi juga harus mempersiapkan diri kedatangan IKN di Kaltim, dengan mempersiapkan SDM yang mumpuni dan berdaya saing supaya turut andil dalam pembangunan IKN Nusantara. 

"Ke depannya FPIK UNMUL akan memiliki misi yang besar untuk bisa mempersiapkan kualitas SDM, serta memberikan sumbangsih pemikiran dari sektor perikanan dan ilmu kelautan dalam upaya meningkatkan kebutuhan produksi pangan," ujarnya.

Lebih lanjut Komsanah mengungkapkan, setiap individu yang tinggal di IKN pasti membutuhkan makan, minum, dan berbagai kebutuhan lain, sehingga warga yang saat ini tinggal di kawasan penyangga IKN harus bisa meningkatkan kompetensi agar dapat memproduksi berbagai jenis kebutuhan dengan kualitas baik. Pihak akademisi akan membantu kawasan penyangga untuk maju dan mandiri pangan, bahkan dapat menjadi penyangga kebutuhan IKN Nusantara. 

"Bidang perikanan misalnya, dalam upaya meningkatkan produksi pangan, bukan hanya perluasan lahan yang perlu diperhatikan, tapi juga inovasi dan teknologi merupakan hal yang paling penting," tuturnya.

Di akhir ia menegaskan hal demikian akan menjadi momentum terbaik untuk membuktikan peran terbaik Unmul menjadi bagian dari proses penguatan IKN Nusantara. 

Kontribusi yang diberikan melalui kajian-kajian keilmuan pendidikan akan memberikan peluang besar bagi penguatan ekonomi dan pembangunan yang berkelanjutan, begitu pula dengan lulusan FPIK Unmul yang dapat diandalkan juga untuk dalam berbagai bidang usaha sesuai kompetensinya.

"Mari kita berupaya bersama untuk bisa meningkatkan produksi pangan pada sektor perikanan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya," tutup Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Mulawarman (Unmul) Dr. Ir. Komsanah Sukarti, M.P. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES