Pendidikan

UAD Wisuda 2.398 Lulusan, 1411 Diantaranya Sandang Predikat Cumlaude

Sabtu, 04 November 2023 - 21:38 | 45.97k
Rektor UAD, Prof Dr Muchlas MT saat wisuda mahasiswa UAD di Graha Pradipta Jogja Expo Center (JEC) (FOTO: Humas UAD for TIMES Indonesia)
Rektor UAD, Prof Dr Muchlas MT saat wisuda mahasiswa UAD di Graha Pradipta Jogja Expo Center (JEC) (FOTO: Humas UAD for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTAUAD atau Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta kembali menggelar prosesi wisuda program Diploma IV, Sarjana, dan Magister. Periode ini, UAD mewisuda sebanyak 2.398 lulusan, meliputi 2.216 orang wisudawan S1, 4 orang Wisudawan D4, dan Wisudawan S2 sebanyak 178 orang.

Jumlah wisudawan UAD yang memiliki predikat lulus pujian (cumlaude) pada periode Juli ini total 1.411 orang. Rinciannya yaitu wisudawan cumlaude jenjang S1 sebanyak 1.323 orang dan wisudawan cumlaude dari D4 ada 3 orang. Sedangkan jumlah wisudawan cumlaude jenjang S2 ada 85 orang.

"Wisuda ini menjadi salah satu peristiwa bersejarah dalam hidup saudara yang patut disyukuri sebab wisuda pada hari ini menunjukkan bahwa saudara telah berhasil atau sukses menyelesaikan satu tugas mulia dari orang tua, keluarga dan dari institusi tempat saudara bekerja," kata Rektor UAD Prof Dr Muchlas MT di Graha Pradipta Jogja Expo Center (JEC) Sabtu (4/11/2023). 

Rektor UAD mengatakan wisuda bagi kebanyakan orang juga menjadi salah satu momen penting dan bersejarah di dalam perjalanan hidupnya. Rektor mewakili seluruh dosen yang telah mendidik selama wisudawan dan wisudawati menempuh pendidikan di UAD menyampaikan beberapa pesan.

"Pertama, bahwa wisuda pada hari ini bukan berarti tugas saudara sudah berakhir, justru setelah lulus sebagai sarjana dan magister saudara memiliki tugas baru yakni kewajiban mengamalkan ilmu dan pengetahuan yang sudah diperoleh," kata Muchlas.

"Sudah saatnya sekarang saudara memberikan bukti kepada almamater, keluarga dan masyarakat bahwa saudara telah menjadi pribadi yang lebih luas wawasannya, lebih dalam ilmunya, lebih kreatif karyanya dan lebih mandiri," paparnya.

Pesan yang kedua, lanjut Rektor, agar para wisudawan menjaga nama baik almamater UAD. "Kalau berbangga tidak masalah, itu wajar karena saudara diluluskan dari perguruan tinggi berprestasi, namun jadilah alumni yang selalu berprestasi menjadi suri tauladan dan dimanapun saudara berada tunjukkan bahwa anda tetap menjadi pribadi muslim sukses, yang sekaligus berintegritas," ungkap Muchlas.

Sementara Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Haedar Nashir dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati Universitas Ahmad Dahlan yang telah menyelesaikan studinya.

"Harapan kami para lulusan Universitas Ahmad Dahlan dari berbagai program studi dan latar belakang menjadi sarjana-sarjana, cendekia dan generasi bangsa yang lahir dari Kampus Muhammadiyah memiliki karakter akhlak mulia, kokoh iman dan taqwa, berilmu dan berkeahlian sesuai dengan bidangnya masing-masing," tutur Haedar

"Lebih penting lagi, para wisudawan juga menjadi insan-insan dan generasi Ahmad Dahlan yang menebar rahmat bagi semesta," ucapnya

Wisuda UAD tersebut dihelat secara blended (daring dan luring), jumlah wisudawan yang mengikuti prosesi wisuda secara daring sebanyak 104 orang dan jumlah wisudawan yang mengikuti prosesi secara langsung di lokasi atau luring (tatap muka) ada 2.294 orang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES