Pendidikan

Prof. Dr. Ahmad Taufiq, Profesor Termuda UM Raih Anugerah Academic Leader 2023 Bidang Sains

Rabu, 15 November 2023 - 05:19 | 47.63k
Prof. Dr. Ahmad Taufiq, S.Pd, M.Si (kanan) saat menerima Anugerah Academic Leader bidang Sains tahun 2023 di Nusa Dua Bali. (Foto: TI PHOTO NETWORK)
Prof. Dr. Ahmad Taufiq, S.Pd, M.Si (kanan) saat menerima Anugerah Academic Leader bidang Sains tahun 2023 di Nusa Dua Bali. (Foto: TI PHOTO NETWORK)

TIMESINDONESIA, BALI – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenristek) sukses menyelenggarakan penganugerahan Academic Leader 2023. Dalam ajang penganugerahan bergengsi ini, profesor termuda Universitas Negeri Malang (UM), Prof. Dr. Ahmad Taufiq, S.Pd, M.Si  berhasil memperoleh Anugerah Academic Leader bidang Sains tahun 2023. 

Prestasi ini merupakan hasil dari proses seleksi ketat dari seluruh dosen terbaik se-Indonesia di bidang sains yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi.

Penganugerahan Academic Leader ini juga disampaiakan pada ajang World Scientific Forum of Indonesia (WSFI) dan Annual Seminar World Class Professor (WCP) di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua-Bali, 13-15 November 2023. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini berasal dari profesor kelas dunia, akademisi dan ilmuwan diaspora Indonesia, pimpinan perguruan tinggi, kepala lembaga pendidikan tinggi, dan termasuk para penerima hibah profesor kelas dunia.

Sebagai amanat dari kebijakan Pendidikan Tinggi, dosen harus menjadi pemimpin keilmuan yang visioner, mampu menginspirasi dosen muda dan mahasiswa, serta unggul dalam karya inovatif yang bermakna nyata baik secara akademik maupun kebermaknaan bagi pembangunan masyarakat dan bangsa, hingga mendapat pengakuan nasional dan/atau internasional. 

Penyelenggaraan Anugerah Academic Leader ini untuk memberikan motivasi kepada dosen agar terpacu untuk mengembangkan ide kreatif dalam implementasi Merdeka Belajar, Kampus Merdeka dan secara nyata berkontribusi terhadap pencapaian indikator kinerja utama perguruan tinggi. 

Selain itu untuk membangun iklim kondusif penguatan dan pengembangan inovasi sebagai outreach dari riset Iptek dalam penciptaan nilai tambah komersial, ekonomi dan atau sosial budaya secara berkelanjutan melalui kerjasama dengan berbagai pihak, baik di tingkat nasional maupun internasional. 

Terkait hal ini, sebagai ilmuan yang memiliki ratusan karya publikasi internasional bereputasi serta puluhan paten, sudah tepat jika Prof. Taufiq memperoleh Anugerah Academic Leader bidang Sains tahun 2023. 

Prof. Taufiq yang saat ini merupakan Ketua Departemen Fisika UM, Wakil Presiden Materials Research Society of Indonesia (MRS-id), dan salah satu ketua bidang pada Indonesian Magnetic Society (IMS) menyampaikan terima kasih kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang telah memberikan penghargaan ini. 

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada segenap pimpinan UM dan FMIPA, serta seluruh civitas akademika Departemen Fisika FMIPA UM.  “Anugerah besar ini bukan pencapaian prestasi pribadi, akan tetapi merupakan pencapaian dari do’a, bimbingan, dan support orang tua, para guru, seluruh keluarga besar tercinta, serta para kolega dan mahasiswa,” ujar Prof Taufiq.

Prof Ahmad Taufiq yang saat ini juga diamanahi sebagai ketua Lembaga Takmir Masjid (LTM) NU Kota Malang dan Anggota LPPOM MUI Jawa Timur berharap semoga anugerah Academic Leader ini membawa manfaat dan barokah bagi semua pihak, baik pribadi, keluarga, kolega, mahasiswa, lembaga, dan untuk Indonesia tercinta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES