Pendidikan UIN Malang

UIN Malang Kukuhkan 540 Guru PPG, Tingkat Kelulusan First Taker Tertinggi di PTKIN se-Indonesia

Kamis, 16 November 2023 - 22:50 | 252.51k
Prosesi pengukuhan guru profesional PPG UIN Malang, Kamis (16/11/2023). (FOTO: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)
Prosesi pengukuhan guru profesional PPG UIN Malang, Kamis (16/11/2023). (FOTO: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Gelaran Yudisium dan Pengukuhan Guru Profesional Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang digelar oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Malang, Kamis (16/11/2023) terasa istimewa. Bukan karena acaranya digelar meriah, melainkan karena capaian yang berhasil mereka gapai.

Bagaimana tidak, tingkat kelulusan first taker atau tanpa remidi pada PPG dalam jabatan (Daljab) Batch 1 tahun 2023 itu mencapai 93,05 persen dari total 504 peserta. Hal itu menjadikan PPG Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) UIN Malang menempati urutan pertama pada tingkat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia. Dan urutan ke 3 di tingkat nasional secara umum.

Dekan FITK UIN Malang, Prof. Dr. H. Nur Ali, M.Pd menyampaikan rasa syukurnya atas capaian ini. Dia menerangkan, hampir setiap tahun UIN Malang bisa menelurkan para PPG first taker dengan jumlah yang banyak.

"Ini menjadi kesuksesan kita bersama. Sinergitas antara pimpinan fakultas, pemerintah daerah, dan berbagai unsur lainya menjadikan kita bisa melakukan ini semua dengan baik," ucapnya.

Dia mengatakan, pada batch ini, hanya 6,35% saja yang tidak lulus. Bukan karena mereka tidak mampu secara akademik untuk menuntaskan program PPG yang dilakukan secara online ini, namun ada beberapa hal yang menjadi kendala.

"Setelah kami survey, mereka yang belum lulus ini mempunyai kendala masing-masing. Seperti pada sulitnya jaringan internet, keterbatasan sarana dan prasarana, hingga kendala seperti pemadaman listrik," kata dia.

Meski begitu, Prof Ali memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada segenap tim pengelola PPG atas hasil kelulusan PPG Batch 1 tahun 2023 yang sangat memuaskan ini. Pihaknya berharap, capaian ini bisa terus dipertahankan dan terus ditingkatkan.

Guru Besar Bidang Manajemen Pendidikan Islam itu mengharapkan agar peserta yang lulus bisa mengaplikasikan ilmunya dalam mengembangkan mutu pendidikan di sekolah atau madrasahnya masing-masing.

Ketua Prodi PPG LPTK UIN Malang, Prof. Dr. Mohammad Samsul Ulum, MA juga menyatakan rasa syukurnya atas  raihan ini. Sebab kerja keras para pengelola PPG menunjukkan hasil yang positif dan signifikan.

“Selamat kepada bapak ibu yang lulus. Semoga semakin semangat, kreatif dan inovatif dalam mengajar murid-muridnya”, kata Prof Samsul Ulum.

Prof Samsul Ulum menambahkan, pengelola akan melakukan evaluasi dan identifikasi terhadap peserta yang belum lulus. Pihaknya akan berusaha untuk memberikan solusi tehadap permasalahan yang dihadapi oleh para peserta, sehingga mereka bisa lulus pada batch selanjutnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES