Pendidikan

Kodam V Brawijaya-Ubaya Jalin Kerja Sama Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Selasa, 21 November 2023 - 20:01 | 60.90k
Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf saat menerima Wakil Rektor III Universitas Surabaya di Makodam V Brawijaya. (Foto : Pendam for Times Indonesia)
Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf saat menerima Wakil Rektor III Universitas Surabaya di Makodam V Brawijaya. (Foto : Pendam for Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Universitas Surabaya (Ubaya) akan menjalin kerjasama dengan Kodam V Brawijaya untuk mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. 

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Rektor III Ubaya, Dr. Christina Avanti saat melakukan audensi dengan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf di Makodam V Brawijaya pada Selasa, (21 /11/2023).

Christina Avanti menyampaikan pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas beragam hal termasuk permintaan kepada Pangdam V Brawijaya untuk memberikan kuliah umum tentang pengembangan karakter kebangsaan.

Hal itu dilakukan sebagai upaya melawan radikalisme, terorisme, serta pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan Universitas Surabaya. 

Pangdam V Brawijaya merespon dengan antusias dan bersedia memberikan kuliah umum tentang wawasan kebangsaan dalam acara yang akan digelar di Ubaya pada 7 Desember mendatang.

Pangdam-V-Brawijaya-b.jpg

Selain itu, dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak juga membicarakan rencana kerjasama terkait program Tri Darma Perguruan Tinggi antara Kodam V Brawijaya dan Universitas Surabaya.

Menurut Christina, ketiganya program tersebut menjadi poin penting dalam mewujudkan visi dari perguruan tinggi. 

Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat menjadi tanggung jawab semua elemen yang terdapat di perguruan tinggi mulai dari mahasiswa, dosen, serta berbagai sivitas akademika yang ada dalam suatu perguruan tinggi. 

"Untuk melaksanakan program itu, kami membutuhkan kerjasama bersama Kodam V Brawijaya," ujarnya. 

Seperti apa bentuk kerjasamanya? 

Dalam hal pendidikan, lanjut Christina, nantinya tenaga pengajar dari Kodam V Brawijaya akan memberikan kuliah yang membahas pengenalan karakter kebangsaan kepada mahasiswa Ubaya mulai dari semester I hingga semester III. 

Pihak Universitas Surabaya juga menggagas kerjasama dalam bidang penelitian, terutama yang terkait dengan pendidikan bela negara. 

Sedangkan untuk pengabdian kepada masyarakat, Ubaya berharap mendapat dukungan dari Kodam V Brawijaya untuk mengembangkan masyarakat desa, khususnya dalam pengembangan desa wisata.

Kapok Sahli Pangdam V/Brawijaya, Brigadir Jenderal TNI Totok Suhartono, yang saat itu mendampingi Pangdam V Brawijaya menyambut baik rencana kerjasama tersebut. Ia mengatakan pihaknya siap berkolaborasi dengan Ubaya untuk membantu melaksanakan program Tri Darma Perguruan Tinggi.

Kerjasama ini diharapkan akan terjalin dengan baik dan berkesinambungan serta memberikan dampak positif dalam pengembangan pendidikan, penelitian, dan pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah Universitas Surabaya. 

"Dengan kesepakatan ini, diharapkan sinergi antara Kodam V Brawijaya dan Ubaya akan menghasilkan inovasi-inovasi positif dalam berbagai bidang yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat," harap Totok. 

Di tempat yang sama, Pangdam V Brawijaya, mengaku optimis mengenai kerjasama yang akan dilakukan dengan Ubaya dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. 

Menurutnya, kolaborasi ini penting untuk memajukan berbagai aspek kehidupan di wilayah kerjanya. Ia telah berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif dalam upaya menumbuhkan karakter kebangsaan, memerangi radikalisme dan terorisme, serta memberdayakan masyarakat melalui program pengembangan desa.

"Saya siap memberikan kuliah umum wawasan kebangsaan dalam acara yang akan diadakan di Universitas Surabaya," ucap Pangdam.

Ia berharap, semoga kerjasama ini dapat memberikan manfaat besar bagi mahasiswa, staf, dan masyarakat di sekitar wilayah Ubaya. 

"Kami yakin, hasil kolaborasi ini akan menciptakan dampak yang signifikan dalam meningkatkan kesadaran bela negara, peningkatan kualitas pendidikan, dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah kami," terangnya.

Pangdam V Brawijaya berterima kasih atas inisiatif yang diambil oleh Universitas Surabaya dalam mengajukan kerja sama ini. Ia berharap agar kerjasama ini dapat terus berjalan dengan baik dan memberikan efek positif yang nyata bagi seluruh pihak yang terlibat. 

"Dengan sinergi antara Kodam V Brawijaya dan Ubaya, kami percaya bahwa masyarakat di sekitar wilayah kami akan merasakan manfaat yang nyata dari upaya kolaboratif ini," tutupnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES