Pendidikan

Jangan Kelewatan! Intip 5 Kampus Terkenal di Blitar

Jumat, 24 November 2023 - 10:04 | 58.89k
Halaman depan kampus Unisba Blitar. (FOTO: Dwi Lailatus Saadah/TIMES Indonesia)
Halaman depan kampus Unisba Blitar. (FOTO: Dwi Lailatus Saadah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR"Gantungkan cita-citamu setinggi langit, jika kau jatuh, maka kau akan terjatuh di antara bintang-bintang." Seperti pesan yang diungkapkan Soekarno tersebut, sebagai pemuda sepatutnya kita memiliki cita-cita setinggi langit. Salah satu stimulus untuk meraih cita-cita ialah melalui pendidikan.

Bicara soal pendidikan formal, banyak yang mengira bahwa Blitar, salah satu daerah di Jawa Timur, tak memiliki perguruan tinggi bergengsi. Tapi jika menilik lebih dalam, ternyata ada beberapa kampus yang kerap menjadi rujukan calon mahasiswa. Apa aja?

Berikut TIMES Indonesia telah merangkum 5 kampus terkenal di Kota Blitar, yang dapat dijadikan rujukan untuk melanjutkan jenjang pendidikan tinggi.

1. Universitas Islam Balitar (Unisba)

Universitas Islam Balitar atau yang lebih dikenal dengan Unisba Blitar merupakan salah satu perguruan tinggi yang paling diminati di Blitar. Pasalnya, kampus yang telah berdiri sejak 2003 lalu kini telah memiliki 8 fakultas dengan total 21 program studi. 

Unisba Blitar yang beralamat di Jalan Majapahit No. 2 - 4 Sananwetan, Kota Blitar ini memiliki kelas serta alat penunjang pembelajaran yang lumayan lengkap. Tak ayal, banyak pelajar yang menempuh kuliah di kampus dengan slogan "The Real Entrepreneurial University". 

Mahasiswanya pun beragam, mulai dari masyarakat lokal hingga luar daerah. Unisba Blitar juga menyediakan 2 sistem perkuliahan, yakni kelas reguler dan kelas karyawan. Jadi buat kalian yang ingin kerja sambil kuliah bisa banget nih kuliah di sini.

2. Akademi Komunitas Negeri (AKN) Putra Sang Fajar 

Akademi Komunitas Negeri Sang Fajar atau yang disingkat AKN Putra Sang Fajar beralamat di Jalan Dr. Soetomo No. 29, Bendogerit, Kota Blitar. Berbeda dengan kampus-kampus lainnya di Blitar yang cenderung menawarkan program Sarjana (S-1), AKN Putra Sang Fajar ini justru menawarkan program D-2 bagi mahasiswanya. 

Dengan total 4 program studi di antaranya Administrasi Server dan Jaringan Kantor, Penyuntingan Audio dan Video, Pengolahan Hasil Ternak Unggas serta Operasionalisasi Perkantoran Digital. Kampus yang identik dengan jas merahnya ini kini bertransformasi menjadi perguruan tinggi yang eksis di Blitar.

3. Universitas Nahdatul Ulama Blitar (UNU Blitar)

Resmi berdiri sejak 2016 yang lalu, kini UNU Blitar telah memiliki 17 program studi dengan total 3 (tiga) fakultas di antaranya Fakultas Ilmu Eksakta, Fakultas Ilmu Sosial dan Pendidikan, serta Fakultas Agama Islam.

Kampus yang berpusat di Jalan Masjid No. 22 ini juga menjadi salah satu rujukan pelajar luar daerah dalam melanjutkan jenjang perguruan tinggi.

4. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma Negara (STIEKN)

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma Negara atau STIEKN bisa menjadi tujuan kalian dalam menempuh bangku kuliah. Sesuai dengan namanya, perguruan tinggi ini berfokus pada pendidikan di bidang ekonomi. Terbukti, kini Kampus ini menawarkan program Sarjana (S-1) dengan dua jurusan yaitu Manajemen dan Akuntansi.

Berdiri sejak tahun 1990, tak menghambat STIEKN untuk terus mengembangkan kampusnya. Ditunjang dengan lokasi kampus yang strategi di pusat kota, yakni di Jalan Mastrip No. 59 mempermudah STIEKN untuk dikenal masyarakat.
 
5. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Patria Husada

Buat kalian yang tertarik sama dunia kesehatan, bisa banget buat jadi mahasiswa dari kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Patria Husada Blitar. Beralamat di Jalan Sudanco Supriadi No. 168, Gedog, Patria Husada Blitar menawarkan  program S-1.

Di kampus ini tersedia program studi Pendidikan Bidan dan Pendidikan Ners. Kampus STIKes Patria Husada ini menjadi salah satu sekolah kesehatan terbaik di Blitar. Sehingga tak sedikit pula para lulusan SMA dan SMK yang mendaftar untuk kuliah di sini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES