Pendidikan

Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UB Ciptakan Aplikasi Otomasi Berbasis R Shiny

Sabtu, 25 November 2023 - 21:07 | 47.75k
Tampilan saat program sedang mengekstraksi data (Foto: Tangkapan Layar) 
Tampilan saat program sedang mengekstraksi data (Foto: Tangkapan Layar) 

TIMESINDONESIA, MALANG – Rakha Hafish Setiawan, mahasiswa prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB (Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya) angkatan 2020, berhasil menciptakan aplikasi terobosan yang memungkinkan ekstraksi data dari web tidak terstruktur menjadi data tabular yang lebih mudah dipahami.

Aplikasi yang diberi nama "Ekstrasi Data Website Publik Berbasis R Shiny" ini menjadi solusi bagi banyak pengguna dengan minim pengalaman dalam ekstraksi data dari situs web atau biasa disebut web scraping.

Rakha menjelaskan bahwa R Shiny merupakan sebuah library yang dibuat untuk memprogram UI (User Interface) dan Logika dari sebuah aplikasi web, itu kenapa aplikasi web ini berjudul "... Berbasis R Shiny”. 

"Library sendiri adalah sebuah ekstensi yang dispesialisasikan untuk mengerjakan tugas tertentu, dalam kasus ini, Library R Shiny dibuat untuk memprogram sebuah aplikasi web," jelas Rakha pada Kamis, 24 November 2023.

Inovasi ini muncul dari kebutuhan pribadi Rakha saat menjadi analis data di bidang financial technology. Rakha sangat tertarik pada sistem otomasi dalam mengelola data demi efisiensi penggunaan informasi.

Tampilan-saat-program-sedang-mengekstraksi-data-a.jpg

Tampilan saat program sedang mengkonversikan ke data tabular (Foto: Tangkapan Layar)

Ide aplikasi ini terwujud setelah berbagai tantangan dan pembenahan logika aplikasi, dari pengembangan UI hingga mengintegrasikannya dengan Library R Shiny, yang dikerjakan sejak bulan Juli 2023. 

Pada 16 November 2023 lalu, aplikasi ini akhirnya diluncurkan secara resmi dan didaftarkan pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual sebagai hasil kolaborasi dengan dosen Ilmu Perpustakaan FIA UB, yaitu Bapak Endry Putra, S.I.Kom.

Proses pendaftaran hak cipta dilakukan setelah pembuatan aplikasi selesai. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya meningkatkan IKU prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB serta memberikan alat baru dalam mendukung riset Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya. Kolaborasi dengan Endry Putra juga membantu dalam proses pendaftaran hak cipta.

Kelebihan aplikasi ini tak hanya pada kemudahan penggunaannya, tetapi juga pada proses konversi data yang cepat serta memberikan kemudahan bagi pengguna yang berpengalaman dalam menggunakan R dan RStudio untuk melakukan peningkatan pada aplikasi. Fitur LOGIN juga diterapkan guna mengatur traffic dari aplikasi web ini.

Aplikasi ini telah diujicobakan pada bulan Oktober lalu oleh dua sukarelawan. Uji coba diikuti dengan sebuah demonstrasi kepada Endry Putra, S.I.Kom. dan Dr. Farida Nurani, S.sos,. M.Si. sebagai Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan FIA UB.

Mereka memberi tanggapan yang positif terhadap kinerja aplikasi yang cepat, meskipun masih ditemui beberapa kendala seperti tidak dapat melakukan ekstraksi pada beberapa website tertentu.

Aplikasi web tersebut dapat diakses melalui link ini: https://rakhahafish.shinyapps.io/IlpusTrial/_w_eb16cf41/_w_5563fc49/_w_3db84ac8/ 

"Tentunya tidak sedikit tantangan yang saya harus lewati, mulai dari pembenahan logika aplikasi, peluncuran, hingga pemeliharaan aplikasi," jelas Rakha.

Rakha berharap aplikasi ini akan mendukung banyak pengguna dari berbagai latar belakang dalam memperoleh data untuk analisis.

"Saya harap aplikasi ini dapat digunakan dalam skala Universitas dalam kemajuan Sains dan Teknologi," ucap mahasiswa Ilmu Perpustakaan FIA UB itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES