Pendidikan

Hari Menanam Pohon Indonesia, HMPS Biologi UIN Malang Tanam Bibit Bambu

Sabtu, 25 November 2023 - 22:01 | 29.46k
Serah terima bibit pohon bambu secara simbolis oleh komandan TNI kepada kepala dekan 3 prodi Biologi UIN Malang (Foto: Shoofa/MG/TIMES Indonesia)
Serah terima bibit pohon bambu secara simbolis oleh komandan TNI kepada kepala dekan 3 prodi Biologi UIN Malang (Foto: Shoofa/MG/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Guna memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia, Himpunan Mahasiswa Program Studi Biologi “Semut Merah” UIN Malang menggelar kegiatan penanaman bibit bambu dan peresmian embung mata air kehati di hutan kampus UIN Malang, Kecamatan Junrejo, Kota Batu pada Sabtu, (25/11/23).

Acara dimulai dengan apel pembukaan kemudian sambutan Ketua Pelaksana dan diikuti oleh ucapan dari Founder Alamku Hijau, Wakil Dekan 3 program studi Biologi, Perwakilan Wali Kota Batu, Dirut Perum Jasa Tirta I, hingga Dirjen KSDAE. Wakil Dekan 3 prodi Biologi kemudian memimpin serah terima bibit pohon bambu secara simbolis. 

Dalam sambutannya Dwi Suheriyanto, Wakil Dekan 3 prodi Biologi mengatakan bahwa kita sama-sama punya kewajiban untuk menghijaukan bumi, sehingga bumi ini nanti akan terjaga dan terawat.

“Apa yang kita laksanakan di acara ini insyaallah akan menjadi amal jariyah kita. Selama pohon itu menghasilkan oksigen dan bermanfaat pada lingkungan. Terimakasih saya sampaikan kepada semua yang sudah hadir pada acara kali ini,” ucapnya.

Hadir dalam acara ini antara lain Polres Batu, TNI, beberapa perwakilan dari HMPS Biologi UB dan UMM, kelompok pecinta alam dan mahasiswa prodi Biologi UIN Malang.

Acara berlanjut dengan penanaman bibit pohon bambu yang diawali oleh wakil dekan 3 prodi Biologi UIN Malang, TNI, Polri dan diikuti mahasiswa. Sebanyak 200 bibit pohon bambu akan ditanam di hutan kampus UIN Malang.

Acara ini sekaligus menjadi program kerja HMPS Biologi divisi Lembaga Pengabdian Masyarakat bekerjasama dengan komunitas Alamku Hijau.

Serah-terima-bibit-pohon-bambu-secara-simbolis-a.jpg

Dengan mengangkat tema River Revival: Reviving The Lifelines of Nature. HMPS Biologi UIN Malang berharap dapat menjaga ekosistem dan merestorasi sungai.

“Tujuan dari acara ini adalah melestarikan alam dalam rangka memperingati hari menanam pohon Indonesia. Di sini kita menanam pohon bambu dan merestorasi sungai sebagaimana itu upaya untuk melestarikan alam. Kegiatan ini bekerja sama denga komunitas Alamku Hijau. Mengerahkan TNI dan polri juga untuk membersihkan hutan kampus,” ujar Ari Sulaiman selaku Ketua Pelaksana.

Mahasiswa Biologi UIN Malang, Dewi Anjani menuturkan bahwa dengan diadakan acara ini, kelestarian alam dapat dijaga dan alam menjadi seimbang. Kehidupan manusia bergantung dengan alam. Jadi, kita dapat memanfaatkan alam dengan penuh tanggung jawab. Kedepannya kita juga berharap generasi-generasi berikutnya dapat memanfaatkan alam dengan baik.

Penanaman bibit pohon bambu oleh mahasiswa UIN Malang itu juga berfungsi untuk merehabilitasi lahan terdegradasi, bisa diolah menjadi berbagai jenis produk berkualitas, mampu menyerap dan menyimpan karbon, dan menjadi salah satu solusi dari pengendalian perubahan iklim. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES