Pendidikan

Unkriswina Sumba Gelar Lomba Debat Ilmiah se-Sumba Timur, Ini Juaranya

Minggu, 26 November 2023 - 17:03 | 34.40k
Dua Mahasiswa peraih juara lomba debat ilmiah saat menerima penghargaan. (FOTO:Habibudin/TIMES Indonesia)
Dua Mahasiswa peraih juara lomba debat ilmiah saat menerima penghargaan. (FOTO:Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMBA TIMUR – Ada dua Perguruan Tinggi (PT) meraih juara lomba debat ilmiah se-Kabupaten Sumba Timur. Lomba dselenggarakan oleh Unviversitas Kristen Wira Wacana Sumba (Unkriswina Sumba).  

“Lomba debat ilmiah ini diadakan pada Sabtu 25 November 2023 yang dilakukan dari pagi sampai malam hari dengan peserta yang mengikuti sebanyak 18 mhasiswa dari 4 perguruan tinggi dan program studi,” kata Ketua panitia penyelenggara Maureen Vinalia Plaikoil, SH, MH pada Minggu (26/11/2023).

Ia mengatakan, lomba debat ilmiah antar mahasiswa ini merupakan program wajib setiap tahunnya dari Program Studi Hukum. Namun pada tahun ini untuk pertama kalinya diadakan lomba debat untuk wilayah satu Kabupaten, di mana selama ini hanya dalam lingkup internal Universitas saja.

Menurutnya, lomba debat ilmiah antar mahasiswa ini mengusung tema 'Membangun karakter generasi Z yang mampu berpikir kritis dan solutif di era society 5.0' dan mengangkat topik-topik umum, baik nasional mauun internasional, seperti demokrasi, agresi militer, fintech, jaminan kesehatan, LGBTQ+ dan lain-lain.

“Yah, lomba debat ilmiah ini menggunakan sistem British Parliamentary yang merupakan sistem debat yang digunakan pada tingkat nasional oleh Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia jenjang DIKTI,” ujarnya.      

Mauren mejelaskan, tujuan dari lomba ini adalah untuk mempersiapkan mahasiswa-mahasiswa dari daerah Sumba untuk bisa maju mewakili perguruan tinggi ke lomba debat pada jenjang yang lebih tinggi mulai dari Kabupaten, Provinsi hingga Nasional.

Tentunya hal ini juga untuk membangun karakter mahasiswa itu sendiri menjadi pribadi yang mampu berpikir kritis, solutif dan inovatif dalam menghadapi setiap permasalahan yang ada di masyarakat. Dan juga bisa menjadi agen perubahan dan kontrol sosial di era society 5.0 saat ini. 

“Jadi prodi hukum ini mempunyai harapan besar pada tahun-tahun berikutnya untuk bisa memperluas lagi lomba debat ilmiah ini pada tingkat antar Kabupaten se-Pulau Sumba,”h arapnya.

Adapun peserta dalam lomba ini terdiri dari 18 tim dari berbagai program studi (prodi) dan perguruan tinggi antara lain Unkriswina Sumba yakni prodi Hukum, Peternakan dan Teknik Informatika, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Pendidikan Matematika serta Sekolah Tinggi Teologi (STT) Gereja Kristen Sumba, STT Terpadu Waingapu dan Prodi Keperawatan Waingapu.

Dalam lomba debat ilmiah ini 2 Perguruan Tinggi meraih juara yakni, Juara I mahasiswa Prodi hukum Unkriswina Sumba dengan hadiah piala dan uang tunai senilai Rp. 1.000.000.

Juara II ada Prodi Teknik Informatika Unkriswina Sumba dengan hadiah uang tunai senilai Rp. 750.000 dan Juara III Prodi Ekonomi Pembangunan Unkriswina Sumba dengan hadiah uang tunai seniali Rp. 500.000.

Kemudian Juara IV Sekolah Tinggi Teologi Gereja Kristen Sumba dengan hadiah uanga tunai senilai Rp. 350.000 sedangkan Kelima pembicara terbaik diraih oleh mahasiswa atas nama Bangga Josua Sinaga dari Prodi Keperawatan Waingapu dengan hadiah uang tunai senilai Rp. 350.000  

“Dari lomba debat ilmiah ini ada 5 tim juri yang terdiri dari, perwakilan pemerintah, perwakilan Gereja, Hakim Pengadilan Negeri Waingapu, Ketua KOPPESDA dan ketua KSPSI,” terang Mauren.

Sementara peserta juara I dari Prodi Hukum Unkriswina Sumba Emalinda Ndakularak menyampaikan, apresiasi dan terima kasih kepada penyelengara lomba debat ilmiah ini dan berharap semoga ke depannya lomba ini terus diadakan.

“Saya pribadi mengucapkan terima kasih atas keberhasilan saya dalam mengikuti lomba ini semoga dengan adanya lomba ini kita terus menjadi yang terbaik.”tutur Emalinda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES