Pendidikan

Research Fellowship di Jepang, Dosen PSDKU UB Kediri Bahas Isu Pangan dan Halal 

Minggu, 26 November 2023 - 22:02 | 28.56k
Dosen PSDKU UB Kediri (kanan) saat bertemu pihak kampus di Jepang (FOTO: dok PSDKU UB Kediri)
Dosen PSDKU UB Kediri (kanan) saat bertemu pihak kampus di Jepang (FOTO: dok PSDKU UB Kediri)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Memperkuat Tri Darma Perguruan Tinggi ( Pendidikan, Penelitian & Pengabdian Masyarakat), lima dosen PSDKU Universitas Brawijaya (UB) Kediri melakukan riset bersama (research fellowship) dengan Assoc Prof Onitsuka dari Departement Agriculture, Kyoto University.

Seperti diketahui Kyoto University merupakan salah satu kampus di Jepang yang masuk dalam daftar 50 Universitas Top Dunia.  Kegiatan itu sendiri merupakan bagian dari kegiatan dosen berkarya (dosen berkarya) Prodi Agrobisnis PSDKU UB Kediri. 

Kelima dosen tersebut adalah Dr. Fadli Mulyadi, SP, MP selaku Wakil Direktur 2 PSDKU, Dr. Dwi Retno Andayani, SP, MP Selaku KPS Agribisnis dan 3 dosen lainya yaitu Dr. Edi Purwanto, STP, MM, Septian AM, SP, MSc dan Jedda Ayu Inggrida, SP, MSc. Isu terkait pangan dan halal menjadi salah satu poin yang dibahas dalam kegiatan tersebut. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas wawasan, keilmuan dan kerjasama khususnya untuk mengembangkan Prodi Agribisni dan Jepang kami pilih sebagai mitra karena banyak hal yang bisa kami pelajari disana" ujar Dr. Dwi Retno Andayani,  Minggu (26/11/2023). 

Sementara itu,  Dr. Edi Purwanto yang juga sebagai Waketum Kadin Jatim bidang Pertanian dan Pangan menuturkan kemajuan dan keberadaan kampus bisa dirasakan manfaatnya jika terus mau belajar dan mampu menangkap isu aktual.

Selain itu, ia menambahkan sangat penting bagi  kampus untuk terus memperluas jejaringnya bukan hanya di dalam negeri tapi juga luar negeri.

"Dibahas isu global yang menjadi atensi masyarakat global seperti halnya pangan dan halal. Sehingga kami fokus mengangkat tema ini" ujarnya. 

Selain riset bersama Kyoto University, kelima dosen ini juga melakukan diskusi dengan Sariraya Co.Ltd yang berfokus pada Agribisnis & Ekosistem Halal untuk mensupport pengembangan prodi melalui program Dosen Tamu, alternatif lokasi MBKM, magang dan kerjasama bidang agribisnis.

Kelima dosen tadi juga melakukan sharing dan penjajakan kerjasama dengan Prof Satomi dari Kyusu University. Kegiatan berlangsung selama 10 Hari mulai dari tanggal 17 -24 Nopember 2023. 

"Para pihak di Jepang selain mengapresiasi juga mendorong untuk melakukan tahapan kerjasama lanjutan yang lebih sistemik dan lebih bernilai," pungkas Dr. Fadli Mulyadi selaku Wadir 2  PSDKU UB Kediri

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES