Pendidikan

Fakultas Psikologi Ubaya Gelar Sidang Doktor ke 4 dan 5

Kamis, 30 November 2023 - 20:17 | 28.24k
Diah Sofiah (tiga dari kiri) mengikuti sidang terbuka Doktor Psikologi Ubaya, Kamis (30/11/2023). (FOTO: Dok. Humas Ubaya)
Diah Sofiah (tiga dari kiri) mengikuti sidang terbuka Doktor Psikologi Ubaya, Kamis (30/11/2023). (FOTO: Dok. Humas Ubaya)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Program Doktor Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya (Ubaya) menggelar sidang ujian terbuka promosi doktor untuk dua Promovenda, Diah Sofiah, S.Psi., M.Si., Psikolog dan Hetti Sari Ramadhani, S.Psi., M.Si.

Keduanya merupakan Dosen Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Kegiatan dilaksanakan pada Kamis (30/11/2023) di Gedung Perpustakaan lantai 5, Kampus Ubaya Tenggilis.

Ketua Program Studi Program Doktor Psikologi Ubaya, Dr. Artiawati, MAppPsych, Psikolog. menyebut dengan terselenggaranya sidang ini, maka Ubaya resmi meluluskan lima doktor psikologi.

“Para calon doktor atau promovenda telah dibimbing secara intensif dengan tim promotor, salah satunya melalui program Disertation Camp di Ubaya Training Center Trawas," imbuhnya.

Hal ini merupakan implementasi dari motto Program Doktor Psikologi Ubaya yakni caring and enrichment.

Sidang terbuka sesi pertama dilakukan oleh Promovenda Diah Sofiah dengan promotor Prof. Ir. Markus Hartono, S.T., M.Sc., Ph.D., CHFP.,IPM dan ko-promotor Dr. Frikson Christian Sinambela, S.Psi., MT., Psikolog.

Ia memaparkan disertasinya yang berjudul “Model Organizational Citizenship Behavior (OCB) Dosen Milenial yang Dipengaruhi Efikasi Diri, Kebermaknaan Kerja, dan Kepemimpinan Transformasional dengan Work Engagement Sebagai Mediator”. 

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena generasi milenial yang mulai mendominasi dunia kerja, termasuk menjadi tenaga didik di perguruan tinggi.

Diah memaparkan OCB pada dosen milenial merujuk pada perilaku sukarela untuk mengerjakan sesuatu yang melebihi tugas utama mereka. 

“Dalam penelitian ini, saya melibatkan dosen milenial yang berdomisili di Sumatera hingga Papua. Berdasarkan hasil penelitian yang melibatkan 357 dosen milenial di Indonesia, saya bersama Promotor dan Ko-Promotor membuktikan bahwa work engagement menjadi mediator pada relasi antara efikasi diri, kebermaknaan kerja, dan kepemimpian transformasional dengan OCB pada dosen milenial,” jelasnya.

Ia berharap, hasil penelitian ini dapat menjadi dasar untuk pengembangan strategi manajemen sumber daya manusia yang lebih efektif dalam mendukung kinerja dosen milenial.

Setelah itu, sidang dilanjutkan oleh Promovenda Hetti Sari Ramadhani dengan promotor Prof. Dr. Jatie K. Pudjibudojo, SU, Psikolog dan ko-promotor Dr. Lena N. Pandjaitan, M.Ed, Psikolog. Ia mempresentasikan disertasinya yang berjudul “Model Kekuatan Karakter Siswa Ditinjau dari Keberfungsian Keluarga dan Budaya Sekolah Melalui Spiritualitas Sebagai Mediator”. Penelitian ini didasari keinginannya untuk berkontribusi membangun model kekuatan karakter siswa khususnya dimensi kemanusiaan. Hal ini ditinjau dari keberfungsian keluarga dan budaya sekolah melalui spiritualitas sebagai mediator. 

Hetti Sari Ramadhani mempresentasikan disertasinya yang berjudul “Model Kekuatan Karakter Siswa Ditinjau dari Keberfungsian Keluarga dan Budaya Sekolah Melalui Spiritualitas Sebagai Mediator”.

"Penelitian melibatkan 1871 siswa dari 30 SMPN di Kota Surabaya. Hasilnya, kekuatan karakter siswa ternyata dimulai dari spiritualitas yang tumbuh lebih besar dari keberfungsian keluarga dibandingkan dari budaya sekolah," ujarnya.

Ia menambahkan, keberfungsian keluarga pada aspek Affective Responsiveness merupakan aspek yang paling penting.

Aspek ini adalah tentang kemampuan anggota keluarga untuk menanggapi dengan emosi yang tepat atas berbagai konteks situasional yang dapat terjadi dalam kehidupan keluarga.

Sedangkan, budaya sekolah dalam Shared values and approach yaitu kebersamaan dalam memelihara sistem sekolah memiliki peran signifikan dalam membangun perilaku kebaikan.

Hetti berharap, implikasi hasil penelitian ini dapat menjadi percepatan peningkatan kekuatan karakter siswa pada dimensi kemanusiaan. Selain itu, menjadi rekomendasi kebijakan pembangunan sumber daya manusia yang siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES