Pendidikan

Politeknik Negeri Bandung Gelar ASEAN-QA Forum 2023

Kamis, 07 Desember 2023 - 15:40 | 21.04k
Rektor Politeknik Negeri Bandung, Marwansyah, SE. M.Si, PhD beroot bersama Presiden Asosiasi Jalaluddin Ibrahim serta para tamu undangan yang hadir di acara ASEAN-QA 2023. (Foto: Dok. Foto Humas Politeknik Negeri Bandung)
Rektor Politeknik Negeri Bandung, Marwansyah, SE. M.Si, PhD beroot bersama Presiden Asosiasi Jalaluddin Ibrahim serta para tamu undangan yang hadir di acara ASEAN-QA 2023. (Foto: Dok. Foto Humas Politeknik Negeri Bandung)

TIMESINDONESIA, BANDUNGPoliteknik Negeri Bandung mengadakan event ASEAN-QA 2023 yang dihadiri oleh para undangan dan narasumber dari negara Asia juga. Kepedulian terhadap Pendidikan tinggi menjadi alasan berkumpul di Polban Bandung ini.

Banyak yang mengira setiap perguruan tinggi atau universitas bisa langsung mengikuti dan mengadaptasi perubahan pengajaran untuk para mahasiswanya. Ini butuh proses dan kesiapan yang baik agar perealisasian program Pendidikan kepada mahasiswa bisa terlaksana dengan baik.

Apalagi, pemerintah terus memberikan rangsangan berupa progam yang dapat berdampak bagi para peserta didik di perguruan tinggi untuk bisa mempersiapkan sumber daya manusia yang siap berkompetisi dan beradaptasi dengan perubahan jaman yang cepat.

Bersyukur, Politeknik Negeri Bandung adalah perguruan tinggi yang concern terhadap proses penyampaian pembelajaran yang up to date.

Ini dibuktikan dengan keikutsertaan dalam pengajaran dan pembelajaran di ASEAN-QA Asosiation dimana asosiasi ini berfokus kepada tahap demi tahap pembentukan proses pembelajaran yang tersertifikasi.

"ASEAN-QA Forum 2023 sekarang ini adalah suatu event dimana kami yang tergabung dalam ASEAN-QA ini mempunyai niat dan passion untuk menjaga mutu/kualitas pendidikan tinggi se Asia," ujar Dr. Ir. Paula Santi Rudati, M.Si., Wakil Direktur Bid. Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi Polban Bandung, Rabu (6/12/2023).

"Secara umum kualitas pendidikan tinggi suatu perguruan tinggi atau program studi itu kan diakuinya melalui akreditasi. Dan ini bukan langsung pengakuan secara akreditasi tetapi kami lebih concern kepada proses," tuturnya.

Event ASEAN-QA ini pun mendapatkan pujian dan optimisme dari presiden asosiasinya yakni, Jalaluddin Ibrahim yang hadir memberikan sambutan serta paparan kegiatan presentasi dan diskusi apa saja yang akan diadakan di tanggal 6-7 Desember 2023 ini.

“Kegiatan dua hari ini, dimulai dari tanggal 6-7 Desember 2023 akan banyak diskusi dan presentasi berkaitan dengan beragam topik dan diisi oleh para ahli di bidangnya, seperti di sesi pertama, presentasi Artificial Intelligence (AI) dan dampaknya dalam pengajaran dan pembelajaran yang akan dimoderatori oleh Dr Phalthy Hap,” ujar Jamalluddin Ibrahim, President ASEAN-QA Association.

Ia juga menginformasikan bahwa setelah sesi 1 selesai maka akan dilanjut ke sesi kedua yang akan membahas perihal “Educational Practises Learned from The Pandemic yang akan dimoderatori oleh dirinya sendiri.

President ASEAN-QA Association ini dengan optimis mengatakan bahwa kegiatan presentasi akan berjalan beriringan hingga waktu sore hari.

Ia menuturkan bahwa dengan bersama berkegiatan seperti ini, terkoneksi. Ini adalah merupakan simulasi dan sharing para praktisi Quality Assurance yang berada di wilayah dan atau di luar Asia.

“Saya berkeyakinan bahwa kita semua akan belajar dari satu sama lain di sini,”kata Jamaluddin.

Selain sambutan yang berbahagia dari presiden ASEAN-QA Asosiation, Direktur Politeknik Negeri Bandung, Marwansyah, SE. M.Si, PhD pun sangat bersyukur dan berterima kasih kepada tamu undangan yang telah bersedia hadir di Polban Bandung.

“Terima kasih saya ucapkan kepada semua yang hadir di sini. Saya merasa tersanjung dengan kehadiran para narasumber dan peserta ASEAN-QA di Polban ini,” seru Marwansyah, SE. M.Si. PhD, Rektor Polban Bandung.

“Event ASEAN-QA ini merupakan kegiatan yang menarik dan saya merasa terhormat dengan kehadiran para tamu-tamu dan narasumber terhormat di sini,’ungkapnya.

Marwansyah mengutarakan bahwa di dalam event ini pula, peserta akan memiliki kesempatan untuk mengenal para nara sumber dan mendapatkan banyak pencerahan dan inputan di hari ini dan besok.

Marwansyah mengatakan ia sangat berharap dalam konferensi hari ini bisa mendapatkan ide baru, terjalin koneksi dan  kerja sama.

“Atas nama Politeknik Negeri Bandung, saya menghaturkan terima kasih,” ulas Marwansyah.

Tak tertinggal juga sambutan kegembiraan disampaikan oleh perwakilan pemerintah yang bergabung secara virtual memberikan sambutan tentang event ASEAN-QA ini.

“Ini merupakan hak istimewa bagi saya bisa hadir secara virtual di event ASEAN-QA 2023 ini. Saya ingin memberikan apresiasi yang tulus kepada ASEAN-QA dan dedikasi Polban Bandung untuk mengadakan pertemuan yang penting ini.

Ini menunjukkan dedikasi kuat kita untuk mempromosikan kualitas pendidikan yang bermutu,” ungkap  Dr. Ir Kiki Yuliati, M.Sc., Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Kiki mengatakan bahwa system pendidikan kejuruan di Indonesia telah mengalami perubahan signifikan  untuk menjamin relevansi tinggi yang lebih baik guna inovasi.

Kiki juga menjelaskan bahwa semua pihak paham perihal standar peraturan penting di dalam Quality Assurance perguruan tinggi yang membawa kebaikan dalam pola pembelajarannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES