Pendidikan

Universitas Muria Kudus Bentuk Mahasiswa Berkarakter Kearifan Lokal

Sabtu, 16 Desember 2023 - 15:07 | 19.17k
Universitas Muria Kudus menggelar “Master Training” pembinaan karakter dan pengembangan softskill kepada para mahasiswa semester 1. (Foto: Arif/TIMES Indonesia)
Universitas Muria Kudus menggelar “Master Training” pembinaan karakter dan pengembangan softskill kepada para mahasiswa semester 1. (Foto: Arif/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KUDUSUniversitas Muria Kudus (UMK) menggelar “Master Training” pembinaan karakter dan pengembangan softskill kepada para mahasiswanya. Agenda tersebut bertema “Membangung Mahasiswa Berkarakter Berdasar Kearifan Lokal”  yang dikuti seluruh mahasiswa semester 1 universitas setempat.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Masjid Darul Ilmi Universitas Muria Kudus sejak tanggal 11 Desember hingga 18 Desember 2023 itu, menghadirkan Master of Trainer yakni Dr. Gudnanto, S.Pd., M.Pd., Kons. DaIam kesempatan itu, Gudnanto memberikan materi training membentuk mahasiswa agar memilki karakter sesuai nilai filosofi di UMK

“Agar nilai-nilai itu terbentuk, maka perlu diaplikasikan melelaui training agar mahasiswa ini menjadi orang yang jujur bertanggung jawab, memiliki tujuan yang jelas, open minded, memiliki motivasi, memiliki resiliensi atau daya juang tinggi, serta memiliki integritas yang nantinya dari semua itu lahirlah value dignity, quality, integrity,” tutur Dr. Gudnanto.

Sementara itu, ketua panitia sekaligus trainer dalam “Mater Training” tersebut, Dr. Trubus Raharjo, S.Psi., M.Si Psikolog menambahkan, usai diberikan dasar karakter, ia berharap karakter positif yang telah ditanamkan tidak berhenti hanya sebatas pada kegiatan tersebut. Oleh sebab itu, selanjutnya akan ada monitoring serta evaluasi selama menjadi mahasiswa Universitas Muria Kudus.

“Monitoring akan dilakukan melalui observasi dan instrumen yang sesuai dengan materi yang diberikan. Salah satu instrumen ialah melalui kuisoner yang diisi mahasiswa, yang nantinya dengan adanya evaluasi ini harapannya akan ada implementasi dari karakter baik yang yang telah kita tanamkan di dalam kehdupan sehari-hari sebagai mahasiswa dan masyarakat,” jelasnya.

Sebagai informasi, seluruh mahasiswa dari masing-masing prodi semester 1 UMK mengikuti “Master Training” selama 1 hari penuh secara bergiliran selama rentan waktu pelaksanaan “Master Training”.

Selama 1 hari penuh itu dilaksanakan beberapa sesi, dan dari masing-masing sesi diajarkan nilai-nilai positif yang langsung dipraktikkan dalam kegiatan inbound game dengan didampingi oleh 1 Master of Trainer 4 Trainer, dan 12 Co-Trainer.

Adapun Master of Trainer ialah Dr. Gudnanto, S.Pd., M.Pd., Kons, kemudian empat trainer antara lain Dr. Dhini Rama Dhania. Dr. Trubus Raharjo, Psikolog, Dr. Iranita Hervi Mahardayani, Psikolog dan Dr. Edris Zamroni M.Pd serta 12 Co-Trainer yang juga dari kalangan dosen Universitas Muria Kudus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES